SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Salah satu lokasi yang rawan semrawut saat flyover Manahan Solo dibuka untuk umum mulai Jumat (21/12/2018) adalah Jl. dr. Moewardi selatan flyover.

Di lokasi itu ada pertemuan arus dari arah flyover dan dari Jl. Yosodipuro, kemudian dari jalan di selatan Lapangan Kota Barat, dari arah selatan atau Jl. Slamet Riyadi, dan dari arah barat yaitu jalan di selatan Masjid Kota Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasaran pantauan Solopos.com saat uji coba flyover Manahan, Rabu (19/12/2018), sempat terjadi penumpukan kendaraan di lokasi itu. Untuk memisahkan arus lalu lintas dari arah utara dan selatan, petugas Dishub menempatkan water barrier sebagai media jalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Water barrier ditempatkan dari selatan flyover sampai perempatan depan Masjid Kota Barat. Dishub kemudian mengubah manajemen lalu lintas di jalan selatan Lapangan Kota Barat yang semula berlaku searah dari timur ke barat diubah jadi sebaliknya, yakni dari barat ke timur. Hal ini untuk mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Jl. dr. Moewardi.

Lalu lintas lebih lancar setelah manajemen lalu lintas itu diberlakukan. Hingga Rabu siang, kendaraan baik roda dua maupun roda empat (mobil) dari arah utara masih diperbolehkan putar balik di perempatan Masjid Kota Barat untuk menuju arah Manahan lewat flyover.

Namun, Kabid Lalu Lintas, Dishub Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan mulai Kamis (20/12/2018) mobil dilarang putar balik di tempat itu. “Pada hari pertama masih diteloransi, selanjutnya dilarang untuk putar balik. Selain itu, direncanakan penambahan water barrier sepanjang Jl. dr. Moewardi untuk mengantisipasi perputaran arah,” jelas Ari kepada Solopos.com.

Uji coba flyover Manahan rencananya berlangsung hingga malam nanti pukul 21.00 WIB. Namun, Dishub akan melihat situasi, apabila dimungkinkan uji coba akan diperpanjang sampai Kamis pukul 10.00 WIB.

Setelah itu, flyover ditutup kembali karena akan ada acara syukuran. Flyover akan resmi dibuka untuk umum mulai Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya