SOLOPOS.COM - Ilustrasi kondom. (Reuters)

Solopos.com, KAMPALA — Lebih dari sejuta kondom merek Life Guard buatan produsen asal India ditarik peredarannya dari Uganda. Marie Stopes, badan amal terkemuka setempat yang sempat membagikan kondom tersebut gratis ke masyarakat sebagai program keluarga berencana (KB) menarik kembali produk tersebut.

Dilaporkan Okezone, Rabu (20/11/2019), National Drug Authority (NDA) atau Otoritas Obat-obatan Nasional Uganda mengatakan hasil uji telah menemukan beberapa kondom merek Life Guard buatan India memiliki lubang atau berisiko pecah.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Menurut PBB, hampir 6% orang dewasa di Uganda hidup dengan HIV, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa hanya 11% orang di negara itu yang merencanakan kehamilan.

Ekspedisi Mudik 2024

Marie Stopes memasok antara 1,5 juta hingga dua juta kondom ke Uganda setiap bulan.

"Kami dapat mengonfirmasi ini adalah kali pertama bahwa salah satu program negara kami perlu mengeluarkan penarikan semacam ini," kata Marie Stopes dalam pernyataan resminya.

Marie Stopes mengatakan pihaknya bekerja dengan NDA untuk segera menyelidiki apa yang terjadi dengan paket kondom itu dan memastikan produk mereka memenuhi standar kualitas yang tinggi.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa dua batch yang kami tarik berisi sekira 335.000 paket kondom - lebih dari sejuta kondom individu. Kami telah menarik kembali lebih dari setengahnya," tambah Marie Stopes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya