SOLOPOS.COM - Warga berada di dekat deretan kios yang terbakar di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Sigid Kurniawan)

Pasar Senen Jakarta terbakar hingga menghanguskan seribuan lebih kios.

Solopos.com, JAKARTA — Kebakaran yang melanda Pasar Senen di Jakarta Pusat, DKI Jakarta, telah padam. Namun petugas pemadam kebakaran (damkar) tetap bersiaga untuk mewaspadai ambruknya konstruksi bangunan di dalam gedung Pasar Senen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Petugas Bintara Piket Damkar Saiful, Sabtu (21/1/2017), menjelaskan akibat kebakaran hebat yang meludeskan ribuan kios pedagang ada potensi ambruk dikarenakan konstruksi bangunan yang melemah.

“?Konstruksi bangunan di dalam sangat lemah ya, dikhawatirkan ambruk,” ujarnya di Pasar Senen seperti dikutip dari Okezone.

Hingga kini petugas damkar masih terus melakukan penyisiran dan pendinginan di dalam Gedung Pasar Senen yang terbakar. Sebanyak 207 personel damkar dari seluruh wilayah DKI Jakarta dikerahkan. “Kita juga instruksikan kepada petugas [damkar] agar berhati-hati,” kata Saiful.

?Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan segera melakukan revitalisasi terhadap Pasar Senen Blok I dan Blok II yang terbakar pada Kamis (19/1/2017).

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Jakarta, Jumat (20/1/2017), mengatakan pasar yang dikelola oleh PT Pembangunan Jaya tersebut telah diasuransikan dengan nilai sebesar Rp116,9 miliar untuk revitalisasi pasar.

“Pasar itu pasti akan dibangun kembali. Apalagi, Pasar Senen juga sudah diasuransikan sebesar Rp116,9 miliar. Pasti dibangun kembali,” kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Pria yang lebih sering dipanggil Soni itu pun mengaku telah melakukan pembahasan dengan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI itu terkait langkah penanganan untuk para pedagang yang kiosnya terbakar.

Dia mengungkapkan sembari menunggu proses revitalisasi, para pedagang yang kiosnya terbakar akan dipindahkan ke tempat penampungan sementara yang juga masih berada di area Pasar Senen yakni di Blok V.

“Untuk sementara waktu, pedagang yang kiosnya terbakar tetap dapat berjualan di tempat penampungan sementara, yaitu di Blok 5 Pasar Senen. Kalau revitalisasi Pasar Senen sudah selesai, baru bisa pindah ke kios yang baru,” ungkap Sumarsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya