Rawa Pening Punya Pencacah Eceng Gondok, tapi Tak Terpakai...
Alat pencacah eceng gondok di Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jateng. (Facebook.com-Koko Kembar)

Rawa Pening kini dilengkapi alat pencacah eceng gondok, sayangnya tak kunjung difungsikan.

Solopos.com, UNGARAN ? Khalayak pengguna Internet (netizen) yang tergabung dalam grup Facebook Ambarawa ramai menggunjingkan alat pencacah eceng gondok di Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Hal itu disebabkan alat baru itu tak kunjung difungsikan.

Gunjingan itu dipicu pengguna akun Koko Kembar yang mengunggah foto alat tersebut, Sabtu (21/1/2017), seraya menyayangkan jika alat pencacah eceng gondok tersebut ditelantarkan. "Iki lho lur alat pencacah eceng gondok malah diumpetke. Infone ra no operatore," tulisnya pada keterangan foto.

Netizen member grup tersebut pun juga menyayangkan jika alat tersebut tak segera difungsikan. Mereka juga menyayangkan jika memang benar tak ada operator yang mampu mengoperasikan alat tersebut. "Dadi tuku alat larang cuman gawe pajangan tok tho," tulis pengguna akun Yonas Boyke dalam kolom komentar.

Pengguna akun Eko Nur Soleh megatakan bahwa sempat beredar kabar di masyarakat harga alat tersebut senilai Rp20 miliar. Maka tak heran jika banyak yang menyayangkan alat yang digadang-gadang sebagai pembersih Danau Rawa Pening itu tak segera difungsikan. Sementara itu, sejumlah netizen menyarankan untuk segera melapor ke dinas terkait agar mendapat kejelasan.

Alat pencacah eceng gondok berfungsi untuk membersihkan danau yang tertutup eceng gondok. eceng gondok memiliki dampak negatif terhadap danau, yakni dapat mengurangi volume air sehingga danau menjadi dangkal.

Selain itu, eceng gondok dapat mengurangi jumlah oksigen dalam air, maka eceng gondok perlu dibersihkan dari Danau Rawa Pening. Salah satu cara yang efektif penanggulangan eceng gondok mestinya adalah alat pencacah tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom