SOLOPOS.COM - Rawa Jombor (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN- Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten rencananya akan membangun beberapa fasilitas di sekitar Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat untuk meningkatkan minat wisatawan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Fasilitas itu seperti penataan bukit Sidoguro, pemasangan wahana flying fox, pembangunan kios suvenir dan revitalisasi saluran irigasi bawah tanah peninggalan zaman Belanda.

“Sudah kami usulkan di APBD I Provinsi dan APBN, tinggal menunggu realisasinya,” ujar Kepala Disbudparpora Klaten, Sugeng Haryanto saat dihubungi Solopos.com, Senin (25/6/2012).

Sugeng mengatakan penambahan fasilitas di sekitar Desa Wisata Krakitan itu masuk dalam kerangka acuan kerja (KAK) Disbudparpora Klaten tahun 2012. Pusat souvenir direncanakan menampung seluruh hasil karya masyarakat Klaten seperti kain lurik, gerabah, kerajinan kayu, batik dan lain-lain.

Menurut Sugeng, rencana tersebut juga mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di saluran irigasi yang berada di timur Rawa Jombor itu rencananya akan dipasang lampu penerangan dengan jarak 2,5 meter. Tujuannya agar lokasi peninggalan sejarah itu bisa digunakan untuk aktivitas para pencinta alam.

“Nanti kawasan sekitar situ dihidupkan kembali, dipoles, supaya lebih bagus dan menjadi objek wisata yang lengkap ada wisata alam, olah raga dan kuliner,” imbuh Sugeng.

Selain rencana pembangunan fasilitas pendukung objek wisata Rawa Jombor tersebut, pembangunan Sport Center di utara rawa juga diharapkan semakin menarik minat wisatawan. Sebanyak 12 fasilitas olahraga siap dibangun di arena Sport Center tersebut.

Kedua belas cabang olahraga yang akan dibangun di arena Sport Center itu adalah basket, voli, renang, tennis indoor, panjat dinding, pacuan kuda, road race, drag race, motocross, voli pantai, panahan, dan tembak.

Arena Sport Center itu dibangun di lahan seluas 12 hektare tepatnya di sebelah utara kompleks Rawa Jombor. Rencananya, arena Sport Center itu akan mulai dibangun tahun 2013 mendatang. Diperkirakan proyek itu akan menghabiskan dana Rp30 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya