SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TULUNGAGUNG- Ratusan orang kecele setelah hampir lima jam berkerumun di depan TITD (Tempat Ibadah Tri Darma) Djoe Tik Kiong, Kota Tulungagung, dan berharap mendapat berkah “angpao” dari warga keturunan yang merayakan tahun baru Imlek 2563, Senin (23/1/2012).

Pantauan di sekitar kelenteng agung yang berlokasi di jalan WR Supratman, Kota Tulungagung itu, warga terlihat mulai memadati sekitar pintu masuk TITD Djoe Tik Kiong sejak pukul 08.00 WIB.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Mereka bahkan terus bertahan hingga pukul 13.00 WIB, meski pengurus TITD dan pihak kepolisian berulang kali menegaskan bahwa tidak ada acara bagi-bagi angpao selama perayaan Imlek, melainkan hanya ritual peribadatan biasa.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dulu memang sempat ada tradisi semacam itu (bagi-bagi angpao), tapi sejak tiga tahun terakhir sudah tidak lagi,” kata Samuel, salah seorang warga di sekitar TITD Djoe Tik Kiong.

Banyaknya warga yang ingin melihat perayaan tahun baru Imlek yang biasanya diisi dengan pertunjukkan hiburan barongsai keliling dan bagi-bagi angpao tersebut membuat pengurus kelenteng terpaksa meminta bantuan polisi untuk melakukan pengamanan.

Namun keberadaan aparat keamanan di sekitar area kelenteng tak serta-merta menyurutkan ekspektasi ratusan warga yang sudah terlanjur datang dari berbagai tempat dan berharap mendapat jatah angpao.

Sebagian memang ada yang memilih pulang, tetapi karena warga datang secara sporadis, penjagaan di sekitar kelenteng terus diperketat hingga pukul 14.00 WIB.

“Kami tentu khawatir jika kerumunan warga tidak terkendali, padahal di dalam sedang berlangsung ritual persembahyangan,” kata salah seorang pengurus TITD.

Meski akhirnya tidak ada acara bagi-bagi angpao, masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Tulungagung maupun sekitarnya ini sedikit terhibur dengan pertunjukkan barongsai yang diperagakan oleh sejumlah warga Kelurahan Kutoharjo. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya