SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Pasar Gede Solo seusai hadir dalam kampanye terakhir Ganjar-Mahfud bertajuk Pesta Rakyat Bukan Pesta Konglomerat pada Sabtu (10/2/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, PENAJAM PASER UTARA–Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan mendapatkan tempat khusus saat Upacara Peringatan Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Sekitar 300 hingga 400 pelaku UMKM, bakal terlibat dalam Upacara Kemerdekaan RI pertama di ibu kota negara baru Indonesia itu. Tempat khusus untuk UMKM yang tengah disiapkan akan dapat dimanfaatkan pada Juli atau awal Agustus 2024.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Kami sediakan fasilitas berupa sentra ekonomi kreatif untuk UMKM saat Upacara Kemerdekaan RI di IKN,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resmi yang diterima di Penajam, Kalimantan Timur, Jumat (10/5/2024).

Dia menjelaskan ratusan pelaku UMKM yang dilibatkan saat Upacara Kemerdekaan RI itu telah mendapat pembinaan dan pendampingan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

“Setelah sentra ekonomi kreatif berdiri, UMKM yang sudah dibina dan didampingi OIKN, bisa berkreasi dan melakukan kegiatan pelatihan, jadi saat pelaksanaan upacara sudah siap,” tambahnya seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, Sandiaga menambahkan perayaan kenegaraan yang diperkirakan bakal dihadiri sekitar 6.000 lebih peserta dan tamu undangan diharapkan berlangsung lancar dan memberi kenangan yang indah.

Sesuai tujuan perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI pertama yang digelar di IKN, ibu kota negara masa depan Indonesia itu, dirasakan juga masyarakat luas. Pelibatan pelaku UMKM dilibatkan dalam upacara bendera pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara, menurut dia, sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian.

Kemenparekraf juga mempersiapkan fasilitas pariwisata dan perhotelan, selain keterlibatan pelaku UMKM sebelum pelaksanaan Upacara Peringatan Kemerdekaan Ke-79 RI.

“Pada awal Agustus 2024, sejumlah hotel yang dibangun di kawasan IKN sudah bisa gunakan untuk pelayanan tamu yang hadir pada acara kenegaraan Indonesia,” pungkas Sandiaga Uno.

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito di Jakarta, Rabu (8/5/2024), menyampaikan UMKM makanan dan minuman memiliki peranan penting di Nusantara, Kalimantan Timur, dalam menyehatkan masyarakat dan menjaga produktivitas pekerja.

“Penggerak ekonomi nasional Indonesia adalah UMKM. Oleh karena itu, teman-teman pelaku usaha UMKM perlu dibina dan diberi perhatian lebih, terutama UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman di wilayah delienasi IKN,” kata dia.

Menjaga kesehatan masyarakat di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah tugas utama Otorita IKN. Dimulai dari menjaga makanan para pekerja dan masyarakat, Otorita IKN bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji di IKN.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara Otorita IKN, Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Balai Kekarantinaan Kesehatan Balikpapan, UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, dan Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara.

“Makanan yang sehat dapat mencegah penularan penyakit foodborne disease atau penyakit yang ditularkan melalui makanan, sementara makanan yang bergizi dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja,” kata Suwito.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta, karena selain mendapatkan pengetahuan, mereka juga akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk registrasi atau perizinan usaha restoran atau usaha makanan siap saji lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya