SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Ratusan turis mancanegara dipastikan menghadiri peringatan 100 hari meninggalnya mantan Presiden RI,  Kiai Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang akan digelar di kompleks pemakaman Gus Dur di Pesantren Tebuireng, Jombang, pada Kamis malam (8/4).

“Beberapa biro perjalanan sudah kontak kami, mayoritas turis yang akan ke-Jombang berasal dari Malaysia dan Brunei,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata Jatim, Djoni Irianto, Selasa (6/4).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data kedatangan di Bandara Juanda Surabaya, hingga saat ini telah ada 250 warga Negara Malaysia yang datang dengan tujuan ke Jombang.

Menurut Djoni, kedatangan turis asing ke Makam Gus Dur akan terus mengalir hingga Rabu besok. ”Peringatan 100 hari kan malam Jumat, informasi dari biro perjalanan masih ada ratusan lagi turis dari Malaysia dan Brunei yang akan datang hingga hari rabu,” tambahnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kedatangan turis ke kompleks makam Gus Dur, pemerintah akan segera merenovasi kompleks tersebut untuk dijadikan pusat wisata religi seperti wisata Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Bonang di Tuban, Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, serta Sunan Drajat di Lamongan.

Tempointeraktif/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya