Ratusan Tenaga Kesehatan Australia Diisolasi, RS Sydney Kritis

Ratusan petugas kesehatan Australia mengisolasi diri setelah dilaporkan kontak fisik Covid-19 sehingga rumah sakit Sydney dinyatakan kritis.

 Ilustrasi nakes corona. (Detik.com/Getty Images/iStockphoto)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nakes corona. (Detik.com/Getty Images/iStockphoto)

Solopos.com, JAKARTA — Ratusan tenaga kesehatan Australia terpaksa mengisolasi diri setelah dilaporkan mengalami kontak fisik dengan para siswa pendidikan perawat yang terinfeksi virus corona di sejumlah rumah sakit Sydney. Akibatnya, rumah sakit-rumah sakit di Sydney dinyatakan kritis.

Alhasil terjadilah kekacauan pada tingkat staf rumah sakit tersebut, sehingga sejumlah rumah sakit di Sydney ditempatkan pada status waspada merah karena wabah varian Covid-19 terbaru. Para ibu hamil bahkan juga tidak terlayani dengan baik sehingga memicu kekhawatiran atas kesehatan mereka saat melahirkan.

Baca Juga: Varian Delta Meluas, Kata WHO Tetap Pakai Masker!

Lebih dari 600 profesional kesehatan di dua rumah sakit dilaporkan sebagai kontak dekat seperti dikutip Theguardian.com, Selasa (6/7/2021). Lebih dari 500 staf di rumah sakit Royal North Shore, dan lebih dari 120 staf di rumah sakit Fairfield, sekarang diisolasi dan tidak dapat bekerja setelah diidentifikasi sebagai kontak dekat dari perawat yang positif Covid-19.

Perawat, staf administrasi, dan tenaga kesehatan Australia lainnya termasuk di antara pekerja yang juga mengisolasi diri. Situasinya sangat parah di rumah sakit Royal North Shore yang lima bangsalnya terkena dampak, sehingga otoritas kesehatan berusaha memindahkan staf perawat dari rumah sakit terdekat untuk membantu mengisi kekurangan layanan.

Perawat Diisolasi

Jumlah kontak dekat yang mengisolasi terkait kontak dengan perawat yang terpapar Covid-19  telah membengkak sejak Rabu (30/6//2021). Kala itu, sekitar 100 staf dan pasien dikirim ke tempat isolasi dan setelah hasil positif dikembalikan pada Selasa malam.

Brett Holmes, Sekretaris Jenderal Asosiasi Perawat dan Bidan NSW, mengatakan perintah isolasi telah memberikan beban besar pada tenaga kerja yang sudah stres. “Mengeluarkan 500 staf dari Royal North Shore memiliki dampak besar pada beban kerja anggota kami,” kata kepala serikat pekerja tersebut.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos


Berita Terkait

Berita Terkini

Erick Thohir Ajak Pemuda Bangkitkan Ekonomi Lewat Muslim Leaderpreneur

BUMN berkomitmen membangun para leaderpreneur yang mau meningkatkan usaha (scale-up) melalui berbagai program konkret,

Kasus Infeksi Covid-19 di Eropa Meningkat, Korsel Siap Hidup Normal

Eropa sebagai satu-satunya wilayah di dunia yang melaporkan peningkatan kasus Virus Corona Covid-19 dan kematian akibat infeksi virus tersebut dalam sepekan terakhir.

Mahasiswa ITNY Petakan Jaringan Wifi Desa Gendayakan, Wonogiri

Melalui pemberdayaan organisasi mahasiswa, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengangkat program membangun desa yang dikemas dalam KKN Tematik

Mundurnya Warisan 93 Tahun Sumpah Pemuda

“Apa yang menyebabkan pemburukan itu? Konteksnya adalah masyarakat yang makin terpolarisasi, tetapi tanggung jawab politik sejak 2014 ada pada Jokowi.”

Kasus TPPU Bupati Puput, KPK Geledah Lagi 3 Rumah di Probolinggo

Tim penyidik KPK kembali menggeledah 3 rumah di Kabupaten Probolinggo pada Rabu (27/10/2021) terkait kasus dugaan gratifikasi dan TPPU yang menjerat Bupati Probolinggo nonaktif, Puput Tantriana Sari.

ASEAN-Korea Harus Optimalkan Potensi Ekonomi Digital dan Ekonomi Hijau

ASEAN dan Republik Korea harus fokus pada dukungan pembuatan kebijakan yang kondusif bagi pengembangan ekonomi hijau dan ekonomi digital.

Pos Polisi Aceh Barat Diserbu OTK, Korban Jiwa Masih Simpang Siur

Pos Polisi Panton Reue di Gampong Manggi, Panton, Aceh Barat diberondong senjata api oleh OTK tetapi belum ada kepastian anggota kepolisian ada yang terluka atau tidak akibat insiden itu.

Satgas BLBI Ingatkan Tommy Soeharto dan Mbak Tutut Bayar Utang

Satgas BLBI akan menyarankan Tommy Soeharto dan Tutut Soeharto untuk kooperatif sebelum pemerintah mengambil tindakan lebih lanjut.

Dor! Polisi Tembak Polisi di Lombok Pakai Senapan dari Jarak Dekat

Kasus polisi tembak polisi di Lombok Timur, NTB, oleh Bripka MN yang menembak Briptu HT dari jarak dekat pada Senin (25/10/2021) menggunakan senapan serbu perorangan SS-V2 Sabhara.

Mahasiswa UNS Dorong Desa Purworejo Sragen Jadi Sentra Kambing Perah

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan beternak kambing perah Sapera.

Diduga Curi Sayur, Maman Dihabisi 14 Orang dan Dikubur Hidup-hidup

Pria 50 tahun, Maman, dihabisi 14 orang dengan cara dikeroyok dan dikubur hidup-hidup di kaki Gunung Cikuray, Kecamatan Cigedung, Garut pada Selasa (21/10/2021) diduga karena mencuri sayur.

Kongres Pemuda I, Fondasi Persatuan yang Terabaikan

Sinisme terhadap bahasa Belanda, yang jadi bahasa pengantar Kongres Pemuda I, mungkin menjadikan kongres ini dianggap tidak penting dan jarang masuk ke dalam kesadaran publik bangsa ini.

10 Berita Terpopuler: Hiii... Ada Makam Misterius di Trotoal Solo Baru

Kabar tentang makam misterius di trotoar jalan utama Solo Baru menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (28/10/2021).

Wah, Pegawai Coca-Cola Dapat Hadiah Rp28 Juta Seusai Vaksin Covid

Perusahaan Coca-Cola mengumumkan akan memberikan bonus US$2.000 (Rp28 juta) jika mereka mau mendapat vaksin Covid-19.

Solopos Hari Ini: Menwa UNS di Titik Nadir

Pembubaran Menwa Universitas Sebelas Maret (UNS) dimungkinkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Rektor No. 26/2020 tentang Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa).