SOLOPOS.COM - Siswa mengikuti olahraga di halaman SMPN 4 Madiun, Senin (9/11/2020). (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Mulai hari ini, Senin (9/11/2020), ratusan siswa di sebelas SD Negeri dan lima SMP Negeri di Kota Madiun mulai mengikuti pembelajaran tatap muka.

Para siswa di Kota Madiun tersebut melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Madiunpos.com/JIBI di SMPN 4 Madiun, para siswa melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Mereka menggunakan masker dan face shield selama berada di kelas.

Masih Pandemi, Donor Darah di PMI Klaten Tak Perlu Rapid Test

Selain belajar di kelas, para siswa juga ada yang mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dengan berolahraga di halaman sekolah.

Seorang siswa SMPN 4 Madiun, Hamida Rizky Amalia, mengatakan sangat senang bisa mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah. Selain bisa bertemu dengan teman-temannya, ia juga bisa mendengarkan secara langsung penjelasan guru.

"Tidak enaknya, napas agak susah karena harus pakai masker. Selain itu juga susah enggak bisa berkumpul dekat-dekat sama teman, karena harus jaga jarak," kata dia.

Hamida berharap pembelajaran tatap muka ini bisa berlangsung terus-menerus.

Sesuai Arahan yang Disepakati

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun, Utomo Sapto Nugroho, mengatakan ada 16 sekolah yang melaksanakan PTM pada Senin ini.

Dia menjelaskan bagi seluruh siswa yang masuk harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Seperti harus mengenakan masker dan face shield, sekolah menyediakan tempat cuci tangan, hingga menata kursi belajar sesuai protokol kesehatan.

"Sebelumnya para siswa ini menjalani rapid test. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka juga harus sesuai arahan yang kita sepakati. Jadwal anak masuk harus sesuai dengan yang telah dijadwalkan," kata dia.

Naik ke Level Rp14.165, Rupiah Jadi Juara di Asia Terdorong Kemenangan Biden

Sementara itu, Wakil Kesiswaan SMPN 4 Madiun, Agus Haryanto, mengatakan berbagai persiapan untuk menyambut para siswa sudah dilakukan. Dari gerbang masuk, petugas jaga akan memeriksa suhu badan siswa.

Pihak sekolah memberikan tiga masker dan face shield kepada setiap siswa.

"Jadi siswa dan guru yang melaksanakan pembelajaran tatap muka harus mengenakan masker dan face shield," ujar dia.

Takut Ular Masuk Rumah Saat Musim Penghujan? Simak Saran Exalos Regional Sragen Ini

Total siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka ini ada sebanyak 181 anak. Jumlah dibagi menjadi dua yakni 50% mengikuti PTM pada pekan ini kemudian 50% lagi mengikuti PTM pada pekan depan.

"Sehingga setiap hari yang masuk sekolah ini hanya ada sebagian. Satu kelas hanya diisi 10 hingga 15 anak. Tergantung jumlah siswanya. Dengan ini jarak tempat duduk bisa diatur sesuai protokol kesehatan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya