Solopos.com, JOMBANG — Sejumlah santri mengikuti upacara di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022).

PromosiJaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Upacara yang diikuti ratusan santri, pelajar serta masyarakat itu untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Jombang ke-112 serta Hari Santri Nasional 2022 yang mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Untuk diketahui, Kabupaten Jombang dikenal dengan julukan Kota Santri. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta banyaknya institusi pendidikan Islam atau pondok pesantren di Kabupaten Jombang. Di antara ponpok pesantren yang terkenal di Jombang adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, dan Darul Ulum di Desa Rejoso, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Selain itu, julukan Kota Santri itu tidak terlepas dari fakta banyaknya santri dari Jombang yang menjadi tokoh terkenal di Indonesia antara lain Presiden ke-4 K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, pahlawan nasional K.H. Hasyim Asy’ari dan K.H. Wahid Hasyim, hingga tokoh intelektual Islam, Nurcholis Madjid, dan budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun.

 

Santri memberikan hormat saat upacara di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022). (Antara/Syaiful Arif)

 

Peserta upacara pingsan di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022). Upacara yang diikuti ratusan santri, pelajar serta masyarakat itu untuk memperingati Hari Jadi Pemkab Jombang ke-112 serta Hari Santri Nasional 2022 yang mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/hp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi