Ratusan Peserta PPG dan SM3T Ikuti Orientasi Akademik di UNS

Ratusan Peserta PPG dan SM3T Ikuti Orientasi Akademik di UNS

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPG (SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Ratusan peserta PPG dan SM3T ikuti orientasi akademik di UNS.

Solopos.com, SOLO–Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan kegiatan orientasi akademik program pendidikan profesi guru (PPG) prajabatan bersubsidi dan sarjana mendidik di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (SM3T) gelombang II di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Kegiatan yang diikuti 285 peserta terdiri atas 212 peserta PPG prajabatan bersubsidi dan 73 peserta SM3T berlangsung di Aula  Gedung F FKIP UNS, Kamis -Sabtu (8-10/2/2018).

Ketua Unit Pelaksanaan Pendidikan Guru Profesi (UP3G) FKIP UNS, A.G. Tamrin, UNS oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) ditunjuk sebagai penyelanggaran program PPG prajabatan bersubsidi. (baca: Tahun Ini UNS Solo Terima 6.164 Mahasiswa Baru Jenjang S1)

“Sesuai Surat Keputusan Menristekdikti No. 280/2017 sebanyak 21 perguruan yang ditunjuk menyelenggarakan program PPG prajabatan bersubsidi, salah satunya UNS,” katanya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (9/2/2018).

Kegiatan orientasi akademik PPG prajabatan bersubsidi dan SM3T ini, lanjut dia, guna mempersiapkan peserta agar dapat mengikuti program kegiatan pembelajaran dengan disiplin dan sepenuh hati.

Proses seleksi peserta PPG dan SM3T dilakukan dengan ketat, melalui workshop  yang melibatkan sekolah mitra secara intensif.

“Kami ingin mencetak guru yang berkualitas untuk kemajuan pendidikan di Indonesia,” ungkap Thamrin.

Dia menambahkan perkuliahan program PPG prajabatan bersubsidi dan SM3T akan dimulai pada 12 Februari 2018.

“Perkuliahan berlangsung sampai 12 Agustus mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FKIP UNS, Joko Nurkamto, saat membuka kegiatan orientasi mangatakan materi yang diberikan kepada peserta antara lain sistem pembelajaran dan pendidikan profesi.

“Peserta juga mendapatkan materi bela negara, motivasi, kedisiplinan, dan etika,” jelasnya.

Peserta PPG berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan peserta SM3T dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Nusa Tenggara Timur.

Berita Terkait

Berita Terkini

H+1 Lebaran Jalanan Wonogiri Kok Ramai, Ternyata Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Wonogiri pada H+1 Lebaran atau hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021) terpantau ramai lancar. Banyak warga yang berwisata maupun bersilaturahmi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.