Tutup Iklan

Ratusan Penyintas Covid-19 Antre Vaksin di Pura Mangkunegaran Solo

Ratusan penyintas Covid-19 mendapatkan suntikan pertama vaksin Sinovac yang diselenggarakan Bale Rakyat Aria Bima di Pura Mangkunegaran Solo.

 Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima (kedua dari kanan), bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), meninjau vaksinasi Covid-19  di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (4/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima (kedua dari kanan), bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kanan), meninjau vaksinasi Covid-19 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (4/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Ratusan penyintas maupun warga yang takut disuntik vaksin Covid-19 akhirnya menerima dosis pertama Sinovac di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (4/10/2021).

Sebanyak 1.000 dosis disiapkan Bale Rakyat Aria Bima yang didukung Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UMKM, Yayasan Bangun Watak Bangsa, Bank Mandiri, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Sesuai aturan, para penyintas Covid-19 baru boleh menerima vaksin setelah tiga bulan sejak dinyatakan negatif. “Kami menyapu sisa-sisa warga yang belum menerima vaksin. Mereka yang takut atau yang menjadi penyintas. Saat ini Solo capaian vaksinasinya sudah 120%, makanya kami mengejar yang belum,” ucap anggota DPR, Aria Bima, di Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Sebagian Baliho Kepak Sayap Puan Maharani di Solo Diturunkan, Kenapa?

Ia mengapresiasi capaian tersebut dan berharap daerah lain di Soloraya bisa mempercepat program vaksinasi Covid-19. “Pokoknya yakin saja pandemi segera menjadi endemi dan hilang karena program vaksinasi berhasil mencapai herd immunity,” imbuhnya.

Aria lantas menanggapi prediksi epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko mengenai lonjakan ketiga Covid-19 pada Desember 2021-Januari 2022. Menurutnya, ancaman gelombang ketiga semakin besar jika capaian vaksinasi tidak sampai 50% pada akhir tahun ini.

Ia meminta warga tak takut dengan prediksi itu asal tetap menjaga protokol kesehatan. “Kalau ada prediksi [lonjakan] jilid III, tidak perlu takut dan tetap menggunakan prinsip gotong royong,” ujarnya.

Baca Juga: Lihat 3 ASN Solo Makan di Warung saat Jam Kerja, Gibran Meradang

Ledakan Gelombang III

Aria menyebut masyarakat sudah mulai sadar akan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Ia juga memastikan negara sudah menyiapkan obat dan fasilitas sebagai antisipasi ledakan kasus.

Anggota legislatif Senayan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu optimistis tidak akan terjadi ledakan kasus kali ketiga, mengingat pemerintah sudah mengantisipasi dan capaian vaksinasi terus naik.

Menurutnya, saat ini sangat tepat untuk melakukan percepatan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Kuartal II pada 2021 sebesar 7,07% dari sebelumnya minus 5,2%. Aria kemudian menyebut PPKM lebih berhasil dibandingkan lockdown.

Baca Juga: SD Swasta Mahal? Disdik Solo: Wali Murid Tak Perlu Memaksakan

Filipina yang melakukan kebijakan itu, nyatanya belum berhasil menangani Covid-19 dan kasusnya terus meledak. Begitu pula Malaysia. “Jadi PPKM ini sudah sesuai dengan Pancasila karena mementingkan prinsip gotong royong. Rakyat dengan rakyat saling mengisi, bukan hanya rakyat diurus negara,” katanya.

Salah seorang penyintas yang ikut vaksinasi di Pura Mangkunegaran, Ledy Diah Hapsari, mengaku baru menerima vaksin awal bulan ini karena terpapar Covid-19 pada Juni lalu.

“Saya menunggu tiga bulan setelah tertular Covid-19. Sebenarnya tidak takut (divaksin). Hanya membayangkan bagaimana rasanya di badan saja [saat disuntik]. Kebetulan menunggu tiga bulan itu, ternyata ada program di sini,” ucap kerabat Pura Mangkunegaran itu.


Berita Terkait

Berita Terkini

Peserta Karanganyar Tourism Great Sale Bertambah Jadi 197

Jumlah peserta Karanganyar Tourism Great Sale 2021 bertambah menjadi 197 pelaku usaha wisata. Sekitar sepekan yang lalu, peserta baru 90 pelaku usaha wisata.

Festival Payung di Balekambang Solo, Cantik Sekaligus Sarat Makna

Setelah sempat pindah lokasi beberapa kali, festival payung Indonesia (Fespin) kembali digelar di Solo akhir pekan ini.

Angka Covid-19 di Karanganyar Sempat Naik, Prokes Jangan Lengah Lur!

Warga diimbau tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menyusul adanya kenaikan kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

Hilang, Sepeda Motor Warga Sukoharjo Dijual Si Pencuri di Facebook

Sepeda motor milik Supriyanto, 54, warga Perumahan Pondok Baru Permai, Gentan, Kecamanatan Baki, Sukoharjo digondol maling pada Jumat (3/12/2021).

Alami Kecelakaan Tunggal di Gemolong Sragen, Warga Plupuh Meninggal

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di Dukuh Grogol, Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, Minggu (5/12/2021).

Baru Belajar Nyetir, Mobil Nyemplung Got di Depan SMPN 6 Sragen

Kecelakaan tunggal terjadi di Depan SMP N 6 Sragen di mana satu unit mobil terperosok ke got akibat sopirnya baru belajar menyetir.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Santap Kakap Laut, Rasanya Mantul

Setelah mengeksplorasi ekonomi digital di Salatiga dan Kabupaten semarang, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai memburu kuliner di Kota Semarang, Sabtu (4/12/2021) malam.

Razia Motor Brong di Karanganyar, 26 Orang Ditilang

Sebanyak 26 orang pengendara motor brong di di Jembatan Kragan, perbatasan wilayah Kecamatan Gondangrejo dengan Kebakkramat, Sabtu (04/12/2021) ditilang.

Milad Ke-109, RS PKU Muhammadiyah Solo Mantapkan 8 Nilai Pelayanan

Puncak perayaan milad Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo diperingati dengan pengajian bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir secara hybrid.

Asale Sapuangin dan Kisah Sepasang Pengantin di Kemalang, Klaten

Sapuangin menjadi salah satu nama yang terkenal di wilayah lereng Gunung Merapi Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.

Kisah Serka Suyanta, Setiap Hari Bagi-Bagi Masker Gratis di Sukoharjo

Penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kampanye memakai masker terus digaungkan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Jelang Momen Nataru, Bupati Sragen: Jangan Abai Prokes!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengingatkan warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group memotret digitalisasi pemasaran sektor pertanian di Kecamatan Getasan di kawasan Kopeng, Kabupaten Semarang.

Ekspedisi Digital Ekonomi 2021, Perjalanan Tim ke Salatiga

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group mulai memotret ekspansi layanan digital yang berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah

BI Solo Dorong Sosialisasi Digitalisasi Harus Jalan Terus

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengapresiasi Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang digagas Solopos Media Group.