SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yangon–Ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi hari ini genap berumur 65 tahun. Ratusan pendukung pemimpin oposisi Myanmar itu memperingati hari ulang tahun (Ultah) wanita tersebut.

Sekitar 400 orang, yang kebanyakan anggota partai pimpinan Suu Kyi, National League for Democracy (NLD), mengadakan seremoni di rumah salah seorang anggota NLD di Yangon untuk merayakan ulang tahun peraih Nobel Perdamaian itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam seremoni itu, mereka membagikan makanan untuk para biksu Budha. Burung-burung yang berada dalam sangkar juga dilepaskan. Peringatan ulang tahun Suu Kyi juga ditandai dengan pembagian buku-buku dan alat tulis untuk anak-anak anggota partai NLD yang ditahan.

Pejabat NLD Aung Thein mengatakan pada Reuters, Sabtu (19/6), aksi tanam pohon juga telah dilakukan untuk menandai peringatan ulang tahun Suu Kyi.

Pasukan keamanan Myanmar tampak berjaga-jaga di luar lokasi seremoni. Peringatan ulang tahun Suu Kyi itu berlangsung tanpa kehadiran pemimpin demokrasi Myanmar itu. Sebab hingga kini Suu Kyi masih dikenai tahanan rumah.

Suu Kyi telah menghabiskan waktunya selama 15 tahun dalam tahanan rumah. Selama kurun waktu itu dia diharuskan tinggal di rumahnya dan terputus dari dunia luar. Tanpa telepon dan akses internet. Suu Kyi dikenai tahanan rumah oleh junta militer Myanmar menyusul kemenangan NLD dalam pemilihan umum tahun 1990 silam.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya