SOLOPOS.COM - Para Job Seekers saat mengikuti Pekan Rekrutmen (Permen) di UKSW Salatiga. (Solopos.com/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Student’s Work Experience and Career Advancement (SWCA) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar Pekan Rekrutmen (Permen).

Dalam tahun ini, Perman diadakan untuk kali kedua sebagai jembatan kepada pencari kerja dan lulusan UKSW untuk mencari pekerjaan.

Ratusan pencari kerja atau Job Seekers mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua pekan ini.

Mengusung tema Find Your Career Path, Permen diadakan mulai Senin (17/10/2022) hingga Jumat (28/10/2022) secara luring di Gedung B dan G UKSW maupun secara daring.

Sebanyak 790 orang melakukan registrasi dalam rekrutmen ini dan 410 di antaranya mengikuti seleksi tes psikotes maupun wawancara.

Ditemui di sela penyelenggaraan Permen, Kepala SWCA Theresia Evy Yeniarti menyampaikan bahwa peserta perusahaan kali ini berasal dari kota Jakarta, Kudus, Semarang, Tangerang, dan Solo.

Melalui Permen, baik pencari kerja maupun perusahaan dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan apa yang dicari.

“Di sini para lulusan UKSW mendapatkan wadah untuk mencari pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuan yang mereka miliki. Sedangkan bagi pihak perusahaan, melalui Permen dapat menjaring lulusan UKSW yang sesuai dengan kriteria yang mereka cari,” terang Evy sesuai dengan rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (28/10/2022).

Tercatat ada 21 perusahaan yang mengikuti Permen kali ini. Perusahaan tersebut antara lain BPK Penabur Jakarta, PT Asuransi Sinar Mas, Pura Group, Alfalink English Course, PT Anabatic Digital Raya, Yayasan Citra Pendidikan dan Yayasan Citra Berkat, Allure Industries, PT Multipolar Technology TBK, PT Siwali Swantika, YPN Karangturi, Honda Semarang Center, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), Rumah Sakit dr. Oen Solo Baru, PT Djarum, PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), PT Dunia Setia Sandang Asli Tekstil IV, PT Indomobil Finance Indonesia, Sekolah Pelita Bangsa, PT Hidup Baru Plasindo, PT Ifabula Digital Kreasi, dan Sekolah Athalia.

Salah satu anggota tim Recruitment and Selection Specialist Alfamart Putri Salsabila, mengungkapkan bahwa ada 60 lowongan yang ditawarkan baik dari Development Program maupun Regular Program, sedangkan IT Support membuka lowongan terbanyak dalam kesempatan ini.

“Alfamart sudah sering berpartisipasi dalam pekan rekrutmen maupun job fair yang diselenggarakan UKSW melalui SWCA. Saat ini juga terdapat 36 anak dari Program Studi Teknik Informatika (TI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW yang tengah mengikuti magang di Alfamart,” jelas dia.

Putri menyampaikan bahwa Alfamart merasa sangat terbantu dalam proses rekrutmen karena difasilitasi untuk bertemu dengan para pencari kerja. Disampaikannya, rangkaian tes yang akan diikuti pencari kerja meliputi seleksi berkas, psikotes, wawancara HRD yang dilaksanakan secara langsung di saat berlangsungnya Permen serta wawancara dengan user secara online.

“Terkait perbedaan alumni yang lulus di masa pandemi dan sebelum pandemi, Alfamart mengambil langkah dengan memberikan pembekalan oleh user yang berbagi strategi melaksanakan tugas pekerjaan. Selama beberapa bulan di awal juga didampingi oleh mentor,” imbuh dia.

Di sisi lain, Human Resource Development (HRD) PT Djarum Angelina Koesjono, mengaku bahwa lulusan UKSW merupakan salah satu lulusan yang paling banyak dicari oleh PT Djarum.

Saat ini, jumlah karyawan dari UKSW pun cukup banyak, salah satunya di bagian Electrical Engineer.

Disampaikan Angelina, saat ini PT Djarum membuka 8 lowongan di antaranya adalah Internal Auditor, Computer User Support, Electrical Engineer, Tobacco Trainee, Marketing Trainee, Marketing Insight & research, dan Laboratory Data Analyst.

Salah satu pencari kerja, Samuel Yoga Saputra, merasa sangat terbantu melalui kegiatan Permen.

“Sangat bersyukur dengan adanya Permen. Saya merasa sangat terbantu dan sebagai fresh graduate merasa bahwa saya harus benar-benar memanfaatkan kegiatan ini untuk mencari pekerjaan. Saat ini saya mendaftar sebagai Lab Analysis di PT Djarum,” kata alumni Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW yang mengikuti wisuda pada Oktober 2022 ini.

Rekomendasi
Berita Lainnya