SOLOPOS.COM - Kawasan Jalan Ipda Tut Harsono Jogja (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Kawasan Jalan Ipda Tut Harsono Jogja (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

JOGJA—Sekitar 590 nama jalan di Kota Jogja akan diganti dengan nama yang sesuai karakter khas Jogja. Pada tahap awal, Pemkot Jogja akan mengganti 100 papan nama jalan di sejumlah kampung melalui dana APBD Perubahan 2012.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Komisi C DPRD Jogja, Zuhrif Hudaya mengatakan, perubahan nama jalan tersebut akan disesuaikan dengan sejarah jalan tersebut. Jalan di sejumlah kawasan Jogja akan dikembalikan ke posisi nama jalan yang kental dengan nama kewilayahan.

“Itu sudah masuk dalam RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Kota. Saat ini masih dikaji lebih dalam sesuai dengan sejarah kampung-kampung di Jogja,” ungkapnya, Selasa (25/9) di Gedung DPRD Kota Jogja.

Ia mencontohkan, Jalan Timoho yang saat ini sudah diganti menjadi Jalan Ipda Tut Harsono akan dikembalikan lagi ke nama semula. “Contoh lainnya, Jalan Supomo (Jl. Prof Dr Supomo SH, Umbulharjo) awalnya merupakan Jalan Janturan. Warga juga ingin mengembaikan nama jalan itu ke aslinya,” kata Zuhrif.

Meski begitu, kata Zuhrif, keputusan penggantian nama jalan tersebut harus dikeluarkan lewat peraturan walikota (Perwal).

Kebijakan itu justru berbeda dengan Pemerintah Provinsi DIY yang akan mengganti nama jalan di Jogja dengan nama yang lebih menujukkan nasionalisme.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya