SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Sedikitnya 270 hektare (ha) lahan pertanian di wilayah Kabupaten Boyolali yang mengalami puso akibat ganasnya serangan hama wereng batang coklat (WBC), bakal segera dieradikasi.

Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) setempat, mulai hari ini, Senin (14/6), juga telah mengoperasikan Posko di tingkat kabupaten untuk kepentingan penanganan terhadap hama itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari upaya penanganan dan pengendalian hama wereng batang coklat (WBC) yang sudah menyerang sejumlah wilayah di Boyolali,” ungkap Kepala Dispertanbunhut Boyolali, Juwaris saat rapat koordinasi (Rakor) yang digelar di Pendapa Kantor Pemkab setempat, Senin.

Juwaris menjelaskan eradikasi lahan pertanian tersebut dilakukan dengan membalik, membakar kemudian menutup sementara tanah sawah yang saat ini dalam kondisi puso selama minimal sepekan. Lebih lanjut Juwaris menyebutkan hingga pekan kedua bulan Juni 2010 ini pihaknya mencatat luas lahan yang terserang hama wereng di wilayah Boyolali telah mencapai 800 ha, 270 ha di antaranya puso.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Hama Dispertan Provinsi Jateng, Driyatmoko menjelaskan meluasnya serangan hama WBC yang terjadi dalam waktu sangat singkat tersebut dipicu beberapa faktor seperti dampak perubahan iklim, luas pertanaman padi rentan dan pola tanam.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya