Jemaah Haji kloter 1 dari Sukoharjo tiba di Bandara Adi Sumarmo pukul 10.42 WIB. (M.Ferri Setiawan/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI - Sebanyak 360 jemaah haji kloter satu asal Sukoharjo tiba di Bandara Adi Sumarmo, Boyolali Minggu (18/8/2019). Keseluruh jemaah tiba dengan selamat setelah mengalami keterlambatan pemberangkatan selama satu jam.

Pantauan Solopos.com, pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 6201 tiba di Bandara Adi Sumarmo, Boyolali pada pukul 10.42 WIB membawa kedatangan pertama jemaah haji asal Sukoharjo yang tergabung di kloter satu. Kedatangan pesawat tersebut terlambat satu jam dari jadwal awal yang semula diprediksi tiba pada pukul 09.45 WIB. Beberapa jemaah yang keluar dari pesawat kemudian melakukan sujud syukur karena tiba di Solo dengan selamat.

Jemaah haji asal Sukoharjo, Joko Purnomo, 55, menjadi salah satu jemaah yang pertama kali tiba di Solo dan melakukan sujud syukur ketika keluar dari pesawat. Dia mengaku melakukan hal tersebut lantaran telah diberi keselamatan dalam menjalankan ibadah haji hingga pulang ke Indonesia. Joko Purnomo juga bersyukur lantaran bisa menjalankan haji setelah menabung selama 10 tahun lamanya.

“Ini adalah kebesaran Allah. Hingga saya bisa diberikan kelancaran beribadah haji dan pulang dengan selamat. Karena itu, saya melakukan sujud syukur ketika sampai di Solo. Saya juga hampir tidak percaya bisa menunaikan ibadah haji bersama istri saya karena saya hanya guru SLB. Setelah menabung 10 tahun akhirnya diberi kesempatan,” ucap dia ketika ditemui Solopos.com setelah tiba di Bandara Adi Sumarmo.

Petugas kloter 01 SOC, Suratmin, mengatkan pemberangkatan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 17.07 waktu setempat. Perjalanan menurutnya berjalan lancar hingga di Bandara Ahmad Albad untuk mengisi bahan bakar pesawat. Setelah itu, terjadi keterlambatan keberangkatan yang menyebabkan telatnya pesawat tiba di Solo.

“Kalau sesuai jadwal kami benar pukul 09.45 WIB harusnya tiba di Solo. Tapi ternyata ada kendala keterlambatan pemberangkatan. Jadi terlambat tiba di Solo. Tapi, secara keseluruhan perjalanan kami lancar. Kami membawa 360 jemaah haji,” ucap dia.

Sementara itu, Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Asrama Haji Donohudan, Agus Widakdo, terdapat beberapa perubahan jadwal terkait kedatangan jemaah haji di Solo. Beberapa perubahan jadwal pemberangkatan jemaah haji terjadi pada kloter 1, 20, 22, dan 32. Perubahan tersebut terjadi lantaran faktor lalu lintas di Arab Saudi.

“Kalau di sana maju ya di sini maju datangnya. Tapi kalau mundur ya mundur. Karena ada faktor trafficnya di Arab Saudi sendiri. Hari ini [18/8] yang datang ada empat kloter dari Sukoharjo, Karanganyar dan Wonogiri,” bebernya. (Candra Mantovani)

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten