SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MUNGKID Ratusan biksu melantunkan Parita Suci di Candi Mendut Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). Kegiatan itu dilakukan setelah mereka menerima pindapata dari umat Buddha menjelang puncak Waisak 2563 BE/2019 M yang jatuh pada Minggu (19/5/2019) pukul 04.11 WIB.

Para biksu itu duduk dengan sikap anjali di depan altar di pelataran Candi Mendut membaca Parita Suci sebelum mereka melakukan kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Masing-masing majelis diberi kesempatan untuk membaca Parita Suci dan ribuan umat Buddha mengikuti pembacaan Parita Suci dengan khidmat dan khusyuk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Dewan Sangha Walubi, Bante Tadisa Paramita, mengatakan para biksu sangha setelah menerima persembahan dari para umat harus mendoakan para umat yang telah berdana untuk memperoleh segala keberuntungan. “Kita juga memberikan dana darma yaitu penghargaan supaya kita bisa mengendalikan diri, memiliki moral, etika sekaligus mengembangkan spiritual untuk meraih pencerahan dan pembebasan mutlak,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menyampaikan dalam membaca sutera harus mengerti dan memahami makna yang tersurat di dalamnya. Kalau Java Sutera atau panjatkan sutera itu supaya pikiran, ucapan, dan perbuatan itu manunggal menjadi satu keselarasan. Sedangkan melafalkan sutera mantera atau parita bertujuan untuk menyucikan badan, artinya siapa yang membaca dan apa yang dibaca semua harus ditanggalkan sehingga muncul kemurnian.

“Inilah berkah yang sangat besar bagi umat Buddha mengikuti pujabakti,” katanya. Pada Hari Tri Suci Waisak, umat Buddha merayakan tiga peristiwa besar dalam ajaran Buddha, yakni kelahiran Sidarta Gautama, Sidarta memperoleh penerangan sempurna sebagai Sang Buddha, dan Sang Buddha Gautama mangkat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya