Ratusan Bidang Tanah Pemkab Klaten Ternyata Belum Bersertifikat

BPN menyerahkan 770 sertifikat hak atas tanah aset Pemkab Klaten yang terdiri atas  tanah perkarangan dan jalan sebanyak 649 bidang atau 743 sertifikat.

 Kepala BPN Klaten, Tentrem Prihatin, menyerahkan sertifikat tanah aset Pemkab kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani, di halaman parkir Objek Mata Air Cokro, Rabu (26/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kepala BPN Klaten, Tentrem Prihatin, menyerahkan sertifikat tanah aset Pemkab kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani, di halaman parkir Objek Mata Air Cokro, Rabu (26/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten menyerahkan 770 sertifikat tanah atas aset Pemkab Klaten. Saat ini, masih ada ratusan bidang yang merupakan aset berupa tanah milik Pemkab yang masih dalam proses penyertifikatan.

Penyerahan sertifikat digelar di halaman parkit Objek Mata Air Cokro (OMAC), Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Rabu (26/1/2022). Penyerahan itu dihadiri Kepala BPN Klaten, Tentrem Prihatin, Bupati Klaten, Sri Mulyani, serta Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya.

PromosiJalan dr Radjiman, Poros Merapi, Saksi Boyongan Keraton Kartasura

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan 770 sertifikat hak atas tanah aset Pemkab yang diserahkan BPN terdiri atas  tanah perkarangan dan jalan sebanyak 649 bidang atau 743 sertifikat. Aset tanah sarana dan prasarana ada 27 bidang atau 27 sertifikat.

Baca Juga: Tanah 4.520 M2 Milik Pemkab Klaten Juga Tergilas Jalan Tol Solo-Jogja

“Kami berharap BPN Klaten bisa membantu kepengurusan aset Pemkab Klaten yang masih belum bersertifikat. Insya Allah progres tahun ini selesai semua. Sertifikat aset daerah sangat penting dalam mendapatkan kepastian atas segala sesuatu dan pemerintah Klaten tidak ada keraguan lagi untuk dimanfaatkan,” kata Mulyani.

Mulyani mengatakan total bidang tanah milik pemkab sebanyak 2.028 bidang. Saat ini, ada 793 bidang tanah aset Pemkab yang belum bersertifikat. Bidang tanah itu yakni tanah pekarangan sebanyak 31 bidang tersebar di Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, serta Kelurahan Gayamprit.

Selain itu, ada tanah jalan kabupaten sebanyak 329 bidang serta tanah jalan lingkungan 433 bidang di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Baca Juga: Soal Tol Solo-Jogja, Pemkab Klaten Endus Beda Data Pemilik Sertifikat Tanah di BPN & PPK

“Saya minta agar masing-masing kepala OPD untuk segera memproses penyertifikatan tanah yang belum bersertifikat. Hal ini sesuai Pasa 12 Permendagri No. 19/2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah bahwa kepala OPD selaku pengguna barang berwenang dan bertanggung jawab untuk mengamankan dan memelihara barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya,” jelas Mulyani.

Kepala BPN Klaten, Tentrem Prihatin, mengatakan seluruh aset pemkab yang didaftarkan ke kantor BPN untuk disertifikasi sudah dirampungkan. Dia menjelaskan BPN siap bekerja sama dengan Pemkab untuk merampungkan penyertifikatan tanah yang merupakan aset milik Pemkab.

Tentrem juga menjelaskan selain kegiatan sertifikasi aset atas tanah Pemkab, BPN juga menyelesaikan penyertifikan bidang tanah untuk program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). “Pada 2021, kami menyelesaikan 12.197 bidang dan alhamdulillah sudah 100 persen kami selesaikan dan serahkan,” kata Tentrem.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Pemkab Wonogiri Siapkan Bangsal Isolasi Hepatitis Akut

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah mengantisipasi munculnya penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Bawaslu Boyolali Gandeng Penyandang Disabilitas untuk Awasi Pemilu

Sosialisasi diadakan untuk meningkatkan peran pengawasan partisipatif penyandang disabilitas dalam pemilihan umum (pemilu).

Bawa Sapi Bergejala PMK di Wonogiri, Peternak akan di-Blacklist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri secara tegas berupaya mencegah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak.

Solo Ditunjuk Siapkan SDM Industri Mobil Listrik Dunia, Ini Kata Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Solo Technopark yang ditunjuk jadi penyedia SDM untuk pengembangan industri mobil listrik dunia sangat sibuk setahun terakhir ini.

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Info Lur! 2.241 Loker Tersedia di Virtual Job Fair 2022 Wonogiri

Sebanyak 2.241 lowongan kerja dari 25 perusahaan tersedia pada Wonogiri Virtual Job Fair 2022.

Salah Satu Peritel Terbesar Asia Masuk Solo, Sudah Survei Lokasi Loh!

Salah satu perusahaan ritel atau peritel terbesar di Asia, PT Lulu Group Retail berekspansi ke Solo dan tengah melakukan survei lokasi.

Wuih, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto Juga Bangun Jalan di Bandung Euy

Pengusaha berjuluk crazy rich Grobogan, Joko Suranto, ternyata juga pernah membangun jalan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, pakai uang pribadi senilai Rp1 miliar.

Disparbudpora Klaten Petakan Taman Nyi Ageng Rakit, untuk Apa?

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten memetakan Taman Nyi Ageng Rakit.

Tunggu SE Wali Kota, Satpol PP Solo Minta Warga Tetap Pakai Masker

Satpol PP Solo mengimbau masyarakat tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau tempat terbuka karena belum ada SE Wali Kota yang mengatur boleh lepas masker.

Disdukcapil Klaten Luncurkan Sakura Pengganti Sipon Keduten, Apa Itu?

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan pelayanan online baru bernama Sakura, akronim dari Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan.

249 Calhaj Boyolali Tidak Bisa Naik Haji Tahun 2022, Ini Sebabnya

Kuota haji Boyolali pada 2022 sebanyak 317 calon jemaah haji dengan 91 cadangan.

Tali Pusar Masih Menempel, Ini Usia Bayi yang Membusuk di Bengawan Solo

Tali pusar masih menempel di perut bayi yang jasadnya ditemukan membusuk di pinggri Bengawan Solo di Jaten, Karanganyar.

8 Calhaj Klaten Tunda Keberangkatan Tahun Ini, Kenapa?

Kabupaten Klaten mendapatkan kuota pemberangkatan haji sebanyak 493 calon jemaah haji (calhaj) di tahun ini.

5 Desa di Karanganyar Ini Dicanangkan Jadi Desa Cantik, Apa Itu? 

Lima desa di lima Kecamatan di Karanganyar dicanangkan menjadi Desa Cantik yang merupakan kependekan dari Desa Cinta Statistik.