Ratusan Aparat Siaga di Boyolali, Konvoi-Konvoi Takbir Keliling Dihalau
Petugas Gabungan berjaga di sekitar jalur utama Boyolali, Sabtu (23/5/2020). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Sejumlah kelompok warga yang melakukan konvoi takbir keliling ke arah Boyolali Kota dihalau oleh aparat gabungan yang berjaga di Boyolali, Sabtu (23/5/2020). Ratusan personel aparat gabungan dikerahkan pada malam Lebaran di berbagai titik di Boyolali.

Sasaran pemantauan adalah di wilayah perbatasan kota, di tiap kecamatan, dan lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik keramaian. Kapolres Boyolali, AKBP Rachmad Nur Hidayat, mengatakan personel yang dilibatkan terdiri dati TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan sebagainya.

Pemkot Solo Tak Gelar Salat Idulfitri, Tiadakan Takbir Keliling

"Ada sekitar 250 personel gabungan. Untuk mencegah agar tidak ada pawai, konvoi takbiran dan agar keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Lebaran ini terjaga," kata dia kepada Solopos.com, Sabtu malam.

Aparat gabungan menghalau konvoi takbir keliling menuju Boyolali Kota, Sabtu (23/5/2020) malam.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Satpol PP Boyolali, sejumlah konvoi takbir keliling ke arah Boyolali Kota dihalau aparat. Ada banyak konvoi yang dicegah masuk oleh aparat di berbagai check point. Namun mereka kebanyakan dari luar daerah, khususnya Kartasura, Sukoharjo.

Salat Idulfitri di Alun-Alun Batal, Sikap Bupati Karanganyar Jadi Sorotan

Rachmad mengatakan kegiatan penyekatan kendaraan telah dilakukan di beberapa lokasi di Boyolali. Di antaranya perempatan bekas terminal lama, Randusari, dan sebagainya. Tujuannya agar ketika ada konvoi takbir keliling atau lainnya bisa dihalau sehingga tak sampai masuk ke pusat kota Boyolali.

"Ini kami cek sampai Ampel pun masih normal. Tadi ada rombongan dan sudah kami imbau, agar tidak berkerumun, agar segera kembali ke rumah, pakai helm, masker dan sebagainya. Kami imbau physical distancing. Takbir keliling juga belum ada," lanjut dia.

Meski Batal, Bupati Klaim Salat Id Alun-Alun Karanganyar Sesuai Ketentuan

Dari Kartasura

Sementara itu Kasi Penindakan Satpol PP Boyolali, Tri Joko Mulyono, menyampaikan perkembangan terakhir. Dia mengatakan hingga sekitar pukul 22.00 WIB kondisi di pusat kota Boyolali masih cenderung landai.

Namun pada pukul 23.30 WIB, muncul konvoi takbir keliling yang bergerak dari Kartasura dan telah dihalau atau dicegah mendekati Boyolali. "Kami halau setiap masyarakat yang akan memasuki kota untuk takbir keliling. Banyak Mas, hampir di setiap chek point," kata dia.

Pantau Pospam di Prambanan, Bupati Klaten: Jalan Solo-Jogja Sepi!

Ratusan aparat tersebut masih siaga untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan. Dari petugas Damkar Boyolali pun telah menyiagakan 5 kendaraan untuk mengantisipasi jika dibutuhkan. Tak hanya takbir keliling, setiap konvoi menuju kota akan dihalau.

"Takbir keliling juga belum ada. Kami juga bersama Damkar, TNI, Polri dan personel lainnya. Bilamana masih ditemukan kerumunan warga hingga larut malam, kami imbau untuk bubar," kata dia.

Bongkar Muat Pertalite di SPBU Kunden Grobogan, Truk BBM Pertamina Terbakar



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom