SOLOPOS.COM - Siswa Baru ikuti MOS dengan seragam Pramuka, Kamis (14/8/2014). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ratusan anggota gerakan Pramuka dari berbagai tingkat yang terbagi dalam 80 pleton di wilayah Kecamatan Wates dan Pengasih mengikuti upacara akbar dalam rangka Hari Pramuka ke-53, Kwarting Cabang Kulonprogo di Alun-alun Wates, Kamis (21/8/2014).

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo selaku inspektur upacara menuturkan keluarga besar gerakan Pramuka harus berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

“Dengan [tema] Revitalisasi Gerakan Pramuka diharapkan semakin memantapkan eksistensi gerakan Pramuka dan meningkatkan fungsi gerakan Pramuka,” ujarnya saat membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kamis (21/8/2014).

Ditambahkannya, Undang-undang No/12/2010  tentang Gerakan Pramuka menyatakan pelaksanaan pendidikan kepramukaan tidak hanya sebagai pengisi waktu luang kaum muda dengan kegiatan positif, melainkan juga menjadi kewajiban setiap warga negara untuk mengimplementasikannya.

Setelah gelar apel besar, Bupati yang juga bertindak Ketua Majelis Pembina Cabang  Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kulonprogo menyerahkan piagam dan menyematkan lencana Pancawarsa I dan IX kepada tiga orang pengurus Kwartir Cabang Kulonprogo, yakni Agus Setiawan, Pembina Kwartir Cabang Kulonprogo; Wahono, Andalan Cabang; serta Tudjo yang menjabat Kepala Pusdiklatkab Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya