Ratu Elizabeth II Puji Kinerja Sukarelawan Tsunami Selat Sunda
Ratu Elizabeth II (Reuters)

Solopos.com, LONDON – Tragedi tsunami Selat Sunda yang terjadi, Sabtu (22/12/2018), menuai simpati warga dunia. Sejumlah tokoh penting dunia, salah satunya Ratu Elizabeth II, mengirimkan belasungkawa kepada korban tsunami Selat Sunda di Indonesia.

Ratu Elizabeth II mengirim belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rakyat Indonesia terkait bencana tsunami Selat Sunda yang merenggut ratusan nyawa. "Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, sangat sedih akibat musibah tsunami Selat Sunda yang terjadi di Indonesia," demikian pernyataan resmi dari Ratu Elizabeth II seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (25/12/2018).

Ratu Elizabeth II sangat salut dengan sukarelawan yang sangat tanggap mengevakuasi korban tsunami Selat Sunda. Seperti diketahui, lebih dari 300 nyawa melayang akibat diterjang tsunami Selat Sunda. Sekitar 1.400 orang terluka dan ratusan lainnya masih dalam pencarian.

"Saya sangat mengagumi keberanian dan dedikasi sukarelawan yang selalu memberikan dukungan kepada korban bencana," sambung Ratu Elizabeth II.

Tsunami yang menghantam kawasan Selat Sunda pada Sabtu malam mengejutkan banyak orang. Bencana tersebut tidak terdeteksi seismograf milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, memastikan penyebab tsunami adalah kolapsnya sisi barat Gunung Anak Krakatau akibat erupsi.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan bersama BMKG, Badan Geologi, dan pakar dari LIPI menemukan adanya erupsi Gunung Anak Krakatau, Sabtu malam sekitar pukul 21.03 WIB.

Avatar
Editor:
Suharsih


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom