SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LONDON – Tragedi tsunami Selat Sunda yang terjadi, Sabtu (22/12/2018), menuai simpati warga dunia. Sejumlah tokoh penting dunia, salah satunya Ratu Elizabeth II, mengirimkan belasungkawa kepada korban tsunami Selat Sunda di Indonesia.

Ratu Elizabeth II mengirim belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rakyat Indonesia terkait bencana tsunami Selat Sunda yang merenggut ratusan nyawa. “Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, sangat sedih akibat musibah tsunami Selat Sunda yang terjadi di Indonesia,” demikian pernyataan resmi dari Ratu Elizabeth II seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (25/12/2018).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Ratu Elizabeth II sangat salut dengan sukarelawan yang sangat tanggap mengevakuasi korban tsunami Selat Sunda. Seperti diketahui, lebih dari 300 nyawa melayang akibat diterjang tsunami Selat Sunda. Sekitar 1.400 orang terluka dan ratusan lainnya masih dalam pencarian.

“Saya sangat mengagumi keberanian dan dedikasi sukarelawan yang selalu memberikan dukungan kepada korban bencana,” sambung Ratu Elizabeth II.

Tsunami yang menghantam kawasan Selat Sunda pada Sabtu malam mengejutkan banyak orang. Bencana tersebut tidak terdeteksi seismograf milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, memastikan penyebab tsunami adalah kolapsnya sisi barat Gunung Anak Krakatau akibat erupsi.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan bersama BMKG, Badan Geologi, dan pakar dari LIPI menemukan adanya erupsi Gunung Anak Krakatau, Sabtu malam sekitar pukul 21.03 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya