Ratakan Tanah, Warga Ponorogo Malah Temukan Proyektil Amunisi

Sebutir proyektil berdiameter 10,5 sentimeter ditemukan pekerja tertimbun tanah di Ponorogo. Proyektil tersebut diduga peninggalan masa penjajahan Belanda.

Abdul Jalil - Solopos.com
Sabtu, 4 Desember 2021 - 16:37 WIB

SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi temuan proyektil amunisi kaliber 105 mm di lahan Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jumat (3/12/2021). (Istimewa/Polres Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Warga Desa Ngrukem, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, menemukan sebutir proyektil amunisi kaliber 105 mm. Proyektil itu ditemukan saat sedang meratakan tanah di lahan di Desa Ngrukem.

Kapolsek Mlarak, Iptu Rosyid Effendi, mengatakan amunisi tersebut ditemukan Sugi Hariyanto yang merupakan seorang operator ekskavator. Saat itu, Sugi sedang meratakan tanah di lahan milik Suwito di Dukuh Puthuk, Desa Ngrukem, Jumat (3/12/2021).

Saat sedang meratakan tanah yang bakal dibangun rumah itu, kata Rosyid, Sugi menemukan benda keras. Ketika itu benda tersebut dikira batu. Padahal lokasi yang diratakan itu tidak berbatu dan kondisi tanahnya liat.

Baca Juga: KSP Desak Polisi Bongkar Fakta Mahasiswi Minum Sianida di Makam Ayahnya

“Penasaran dengan benda itu, Sugi mencari tahu dan ternyata proyektil amunisi. Hanya menemukan satu,” kata dia, Sabtu (4/12/2021).

Setelah menemukan proyektil itu, Sugi memanggil pemilik lahan yang kemudian melaporkannya ke aparat kepolisian dan Koramil Mlarak. Petugas dari kepolisian dan TNI pun mendatangi lokasi untuk mengevakuasi benda tersebut.

Selanjutnya, benda berupa proyektil amunisi kaliber 105 mm itu dibawa ke Makodim 0802/Ponorogo. Diduga kuat proyektil ini merupakan sisa zaman penjajahan dahulu.

Rosyid menyampaikan penemuan proyektil ini disinyalir merupakan sisa penemuan dari delapan proyektil yang ditemukan pada 2020.

Baca Juga: Buntut Viral Mahasiswi Bunuh Diri di Mojokerto, Polda Jatim Bertindak

“Lokasi penemuan pada tahun lalu hanya berjarak sekitar 1 meter dari lokasi penemuan ini,” jelasnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif