SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi beras Bulog (JIBI/Harian Jogja/Antara)

penyalran rastra hanya sampai Juni 2018 sesuai keputusan mensos.

Madiunpos.com, KEDIRI — Penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (rastra) untuk warga penerima di wilayah kerja Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Kediri direncanakan berlangsung hingga Juni 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

” Itu keputusan mensos, tapi realisasinya belum tahu,” kata Kepala Bulog Subdivre Kediri Ahmad Kholisun di Kediri, Senin (12/3/2018). Dia menegaskan Bulog sebagai pihak ditugaskan untuk penyaluran dan operator rastra hanya mematuhi aturan dari pusat.

Di wilayah Bulog Kediri yang terdiri atas Kota/Kabupaten Kediri serta Kabupaten Nganjuk, jumlah penerima rastra 2018 sama dengan penerima 2017, di mana per bulan total kebutuhan beras untuk rastra sekitar 2.000 ton.

Saat ini, penerima rastra adalah warga Kabupaten Nganjuk dan Kediri, sedangkan untuk Kota Kediri semuanya sudah beralih ke program bantuan nontunai (BPNT). Untuk penerima rastra, warga mendapatkan beras gratis 10 kilogram, sedangkan BPNT warga menerima beras 10 kilogram dan telur.

Terkait penyaluran pada Januari dan Februari 2018, ia menyebut sudah dilakukan semua, baik untuk penerima rastra ataupun penerima BPNT. Setiap warga penerima mendapatkan hak sesuai dengan aturan.

Ia juga menambahkan target penyerapan beras selama 2018 juga relatif lebih kecil ketimbang sebelumnya. Pada 2018, target penyerapan hanya sekitar 37.000 ton setara beras, padahal 2017 mencapai 60.000 ton setara beras.

“PSO kami kecil sehingga akan ke komersial. Oleh karena itu, kami ditarget 37.000 ton setara beras itu. Namun, kami tetap upayakan untuk menggenjot penjualan, sehingga penyerapan bisa lebih tinggi dari 37.000 ton itu,” ungkap dia.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triono Kutut mengatakan jumlah warga penerima BPNT di Kota Kediri hingga 12.863 penerima. Setiap warga menerima beras 10 kilogram dan telur. Namun, karena harga beras naik, akhirnya untuk telur tidak diberikan sehingga hanya beras.

“Yang BPNT sudah diberikan pada 13 dan 14 Februari, jadi rapel bulan Januari dan Februari 2018. Untuk Maret tetap normal diberikan setiap bulan,” kata Triono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya