SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Distribusi Raskin JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone

Foto Ilustrasi Distribusi Raskin
JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone

KULONPROGO-Tim beras untuk warga miskin (raskin) masih menemukan ada raskin yang dibagi rata untuk masyarakat di satu wilayah, bukan untuk warga miskin saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal, Tim Raskin telah berulang kali mengingatkan agar raskin hanya diberikan pada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) sesuai data yang telah ditetapkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Masalah ini menjadi bahan pembicaraan serius dalam pertemuan Rakor Evaluasi Distribusi raskin bulan Februari dan persiapan distribusi raskin alokasi Maret 2013, di Aula Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Jumat (12/4).

Rapat diikuti Tim raskin dari pemda DIY, Kabupaten dan kecamatan di Kulonprogo.

Kabid sosial Dinas Sosnakertrans Kulonprogo, Arief Prastowo, mengatakan dalam monitoring yang dilakukan pada raskin Februari yang dibagi Maret, tim menemukan ada beberapa wilayah yang membagi raskin secara merata untuk semua warga.

“Padahal sudah berkali-kali kami tegaskan, tidak boleh seperti itu. Raskin harus dibagikan sesuai nama dan alamat yang tercantum di data penerima,” jelasnya.

Bahkan, pihaknya menemukan beberapa PNS Guru yang ditemukan oleh tim monitoring masuk daftar dan mendapatkan jatah raskin di beberapa tempat distribusi raskin.

Temuan ini, katanya, hanya di lokasi tertentu sedangkan kebanyakan lainnya dibagikan sesuai data, dengan jumlah 15 kilogram per RTSPM.

Taufiq Budi Santoso, dari Bulog DIY mengatakan di gudang Bulog terdapat ribuan karung beras dengan kualitas medium. “Jika ditemukan ada beras tidak standar, kami siap mengganti dengan beras yang layak konsumsi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya