Rasio Kredit Properti Dikendurkan 1 Agustus, Pengembang Perumahan di Semarang Tunggu Bank
Ilustrasi kredit kepemilikan rumah (KPR). (Bisnis)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pengembang perumahan Citraland BSB City Semarang mengakui relaksasi atau pengenduran aturan mengenai rasio kredit terhadap nilai agunan atau loan to value (LTV) yang bakal diterapkan mulai 1 Agustus 2018 bisa mendatangkan sentimen positif bagi sektor properti. Dengan aturan yang baru, ketentuan uang muka 15% untuk rumah tipe besar akan dihapuskan.

General Manager Citraland BSB City, Jatmiko Arif Wibowo, mengatakan pelonggaran aturan LTV bisa sangat membantu sektor properti untuk lebih bergairah lagi. Dia pun masih menunggu aturan tersebut secara resmi. "Kebijakan itu kan memang sudah disampaikan. Kami menunggu surat edarannya. Kalau bisa direalisasikan sebetulnya bagus untuk properti," katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (27/7/2018).

Menurut Jatmiko, aturan tersebut bukan hanya menguntungkan pengembangan menengah ke atas melainkan juga menengah ke bawah. Pihaknya pun masih menunggu respons dari bank sebagai partner. Pasalnya, hal tersebut akan sangat bergantung pada kemampuan bank. Pelonggaran LTV ini merupakan kali kedua diberikan dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya, Bank Indonesia melonggarkan aturan LTV pada Agustus 2016.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho