SOLOPOS.COM - Ilustrasi rapid test. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI -- Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo kini melayani rapid test untuk memudahkan calon penumpang maskapai agar bisa terbang sejak pertengahan Juni 2020. Selama setengah bulan dibuka, ratusan calon penumpang maskapai yang telah mengakses tes ini hasilnya nonreaktif.

Sudah New Normal tapi Baru 3 Maskapai Terbangi Bandara Solo, Apa Saja?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rapid test menjadi syarat utama penumpang untuk bisa bepergian dengan menggunakan pesawat terbang di masa wabah pandemi Covid-19. Di Bandara Adi Soemarmo rapid test ini dibanderol dengan harga Rp290.000.

Shared Services dan CSR Manager Bandara Adi Soemarmo, Dedi Suwastono, mengatakan layanan rapid test ini diselenggarakan oleh AP I Bandara Adi Soemarmo yang dilaksanakan oleh Angkasa Pura Support sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan untuk memudahkan para calon penumpang memenuhi syarat bisa bepergian dengan pesawat terbang. Di masa pandemi ini, hasil rapid test menjadi syarat wajib bagi penumpang pesawat.

“Kami sebagai operator sarana transportasi memfasilitasi penumpang maskapai dengan menyediakan layanan rapid test. Dalam hal ini, AP I Bandara Adi Soemarmo bekerja sama dengan rumah sakit Hermina Solo melayani rapid test dengan harga terjangkau, yakni Rp290.000,” ujarnya, kepada Solopos.com, Jumat (3/7/2020).

Parah Banget! Gara-Gara Covid-19, Penumpang Bandara Solo Anjlok 97 Persen

Dedi menjelaskan selain harga rapid test terjangkau bagi masyarakat, hasil tes ini bisa langsung diketahui tanpa menunggu lama dalam hitungan menit. Dengan demikian, layanan ini bisa membantu calon penumpang maskapai yang belum mengantungi hasil rapid test sebagai syarat terbang tanpa keluar dari bandara.

Meskipun demikian, pihaknya memastikan hasil tes tersebut akurat karena didukung penuh RS Hermina Solo.

Rapid Test Bandara Adi Soemarmo

Di sisi lain, rapid test ini bisa dilakukan penumpang di dekat Terminal Keberangkatan atau Stasiun KA Bandara. Calon penumpang pun bisa mengakses layanan ini lewat call center pada nomor 0271 782931.

“Sejak Juni lalu kami sudah melayani sebanyak 230 orang yang notabene penumpang maskapai. Dari sebanyak itu, rapid test yang dijalani hasilnya nonreaktif. Saat ini kami baru melayani rapid test untuk penumpang maskapai, bukan masyarakat umum,” paparnya.

Lengkap, Berkas dan Tersangka Pembunuhan Banyuanyar Solo Siap Dilimpahkan ke Kejari

Namun demikian, dalam sehari tidak bisa dipastikan berapa jumlah calon penumpang yang menjalani rapid test di bandara. Hal ini lantaran mereka banyak pula yang telah melakoni tes tersebut di tempat lain.

“Memang ada informasi salah satu maskapai akan menyediakan rapid test, tapi hingga kini belum ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Owner Biro Perjalanan Wisata Zas Holiday, Dyah Ratna Heryati, mengatakan customer yang memesan tiket pesawat terbang melalui bironya banyak yang menanyakan perihal rapid test tersebut.

RUU HIP, Tujuh Ormas Agama Minta Sikap Kenegarawanan DPR

“Kami sifatnya memberitahu kepada customer, dimana saja mereka bisa melakukan rapid test. Salah satunya di bandara yang tentunya mempermudah calon penumpang maskapai yang hendak terbang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya