SOLOPOS.COM - Ransus Polres Karanganyar mengevakuasi mobil pikap merek Suzuki yang terperosok ke parit jalan raya Solo-Tawangmangu, tepatnya di kawasan timur SPBU Sapen, Mojolaban, Sukoharjo, pada 5 Maret 2022. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR – Truk milik Polres Karanganyar cukup mencuri perhatian warga setelah seringkali menjadi andalan dalam proses evakuaksi kendaraan yang masuk jurang di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Kendaraan khsusus (Ransus) ini memang dibuat spesial dan khusus untuk berbagai keperluan darurat, misalnya evakuasi, pengangkatan barang, dan keperluan SAR saat terjadi bencana alam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yang paling menonjol adalah truk ini memiliki lengan di bagian belakang yang bisa menjangkau lokasi yang curam, tinggi, atau jauh yang sulit dijangkau dengan tangan manusia. Lengan ini bisa dikendalikan dan dipanjangkan hingga beberapa meter sesuai dengan lokasi sasaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, bodi truk ini juga tidak terlalu besar sehingga lincah di jalanan dan mampu melewati jalan-jalan yang tidak terlalu lebar.

Baca Juga: Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Karanganyar, Cek Sekarang!

Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko, mewakili Kapolres AKBP, Danang Kuswoyo, beberapa waktu lalu menyatakan ransus tersebut dioperasikan oleh personel Satuan Samapta.

Berikut ini spesifikasi Ransus SAR Polres Karanganyar:
Merk Kendaraan: Isuzu SAR
Kategori Kendaraan: Kendaraan khusus (ransus)
Tahun keluaran: 2016
Dapur pacu: 4.570 cc
Spesifikasi khusus: untuk keperluan SAR
Kemampuan angkat/tarik beban : maksimal 1,5 ton
Nomor informasi darurat informasi: 0817445549

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya