Tutup Iklan

RANKING PETENIS : Runtuhnya Dominasi Big Four

RANKING PETENIS : Runtuhnya Dominasi Big Four

SOLOPOS.COM - Roger Federer (kiri) dan Rafael Nadal (kanan). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Ranking petenis menunjukkan lengsernya Roger Federer dan Rafael Nadal dari empat besar.

Solopos.com, SOLO – Ada yang beda dalam ranking ATP yang dirilis, Senin (10/10/2016). Tidak ada nama Roger Federer dan Rafael Nadal dalam posisi empat besar (Big Four).

Inilah kali pertama, Federer dan Nadal tidak muncul dalam posisi empat besar di ranking ATP sejak 2003 alias 13 tahun silam. Dua petenis yang telah menghasilkan total 31 gelar grand slam tersebut secara bertahun-tahun menempati Big Four, bersama Novak Djokovic dan Andy Murray.

Namun, peta persaingan di jajaran elite tenis putra dunia ternyata bisa mengalami perubahan. Big Four yang selalu dikuasai Federer dan Nadal sudah runtuh, meski Djokovic dan Murray masih bertahan di dalamnya. Djokovic menguasai puncak ranking ATP dan Murray berada di belakang petenis Serbia tersebut.

Terlemparnya Federer dan Nadal dari Big Four tak lepas karena persoalan cedera yang menimpa keduanya belakangan ini. Hal itu memengaruhi penampilan dan prestasi keduanya di panggung tenis dunia. Sementara Stanislas Wawrinka dan petenis Jepang, Kei Nishikori, menggenapi posisi empat besar untuk berdiri di peringat ketiga dan keempat.

Nadal harus puas berada di peringkat kelima. Sedangkan Federer yang tidak memenangi satu pun gelar di sepanjang 2016 ini harus legawa duduk di undakan ketujuh, di belakang Milos Raonic dari Kanada.

“Untuk tenis secara umum, saya ingin melihat Roger bangkit ke puncak tanpa cedera. Saya pikir selalu bagus bagi semua orang ketika melihatnya bermain,” jelas Wawrinka yang juag kompatriot Federer, seperti dilansir Tennisworldusa.com, Selasa (11/10/2016).

Posisi Nadal lebih baik dua tingkat dibandingkan Federer. Petenis Spanyol ini mencoba bangkit setelah berbulan-bulan dibekap cedera dengan memenangi titel di Monte Carlo Masters dan Barcelona Open. Dia juga lolos ke final nomor ganda putra bersama Marc Lopez pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Meski demikian, Nadal tidak pernah mampu menginjakkan kaki di semifinal pada turnamen grand slam sejak Roland Garros (French Open) 2014.

Awal dominasi Federer dan Nadal dimulai ketikan keduanya sama-sama bertengger di empat besar dunia sejak 23 Juni 2003. Tepatnya dua pekan sebelum Federer menjuarai grand slam pertamanya. Dominasi keduanya di ajang grand slam selama beberapa tahun memuat duo ini sering disebut Fedal, akronim dari Federer-Nadal.

Meski kerajaan Fedal  tersebut telah berakhir, Federer dan Nadal masih tercatat sebagai pemegang titel grand slam terbesar di dunia yang masih aktif bermain hingga kini. Federer dengan 17 gelar, sedangkan Nadal dengan 14 trofi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Akibatkan 66 Orang Positif Covid-19, Begini Awal Munculnya Klaster Pernikahan di Madiun

Acara hajatan resepsi pernikahan yang digelar warga di Desa Bantengan, Kecamatan Wungu, Madiun, berdampak pada munculnya klaster Covid-19.

Inilah Jadwal dan Link Live Streaming Pertandingan Piala Eropa 2020 Malam Ini

Piala Eropa 2020 akan kembali memainkan pertandingan pada Minggu (13/6/2021) malam ini dan Senin (14/6/2021) dini hari nanti.

Awas! Sering Minum Minuman Bersoda Turunkan Imunitas

Minuman bersoda memang terasa lezat tapi ada bahaya mengintai.

Naik 2 Kali Lipat, Warga Positif Covid-19 Sukoharjo Tambah 56 Orang Sehari

Pemkab Sukoharjo mewanti-wanti warga jangan lengah karena jumlah warga yang positif Covid-19 tiap harinya terus naik setelah Lebaran.

Pencurian di Toko Elektronik Boyolali, Uang Rp66 Juta dan 32 TV LED Raib

Pencurian terjadi di sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali. Uang puluhan juta beserta puluhan barang elektronik digondol maling.

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)