SOLOPOS.COM - Roger Federer (kiri) dan Rafael Nadal (kanan). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Ranking petenis menunjukkan lengsernya Roger Federer dan Rafael Nadal dari empat besar.

Solopos.com, SOLO – Ada yang beda dalam ranking ATP yang dirilis, Senin (10/10/2016). Tidak ada nama Roger Federer dan Rafael Nadal dalam posisi empat besar (Big Four).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Inilah kali pertama, Federer dan Nadal tidak muncul dalam posisi empat besar di ranking ATP sejak 2003 alias 13 tahun silam. Dua petenis yang telah menghasilkan total 31 gelar grand slam tersebut secara bertahun-tahun menempati Big Four, bersama Novak Djokovic dan Andy Murray.

Namun, peta persaingan di jajaran elite tenis putra dunia ternyata bisa mengalami perubahan. Big Four yang selalu dikuasai Federer dan Nadal sudah runtuh, meski Djokovic dan Murray masih bertahan di dalamnya. Djokovic menguasai puncak ranking ATP dan Murray berada di belakang petenis Serbia tersebut.

Terlemparnya Federer dan Nadal dari Big Four tak lepas karena persoalan cedera yang menimpa keduanya belakangan ini. Hal itu memengaruhi penampilan dan prestasi keduanya di panggung tenis dunia. Sementara Stanislas Wawrinka dan petenis Jepang, Kei Nishikori, menggenapi posisi empat besar untuk berdiri di peringat ketiga dan keempat.

Nadal harus puas berada di peringkat kelima. Sedangkan Federer yang tidak memenangi satu pun gelar di sepanjang 2016 ini harus legawa duduk di undakan ketujuh, di belakang Milos Raonic dari Kanada.

“Untuk tenis secara umum, saya ingin melihat Roger bangkit ke puncak tanpa cedera. Saya pikir selalu bagus bagi semua orang ketika melihatnya bermain,” jelas Wawrinka yang juag kompatriot Federer, seperti dilansir Tennisworldusa.com, Selasa (11/10/2016).

Posisi Nadal lebih baik dua tingkat dibandingkan Federer. Petenis Spanyol ini mencoba bangkit setelah berbulan-bulan dibekap cedera dengan memenangi titel di Monte Carlo Masters dan Barcelona Open. Dia juga lolos ke final nomor ganda putra bersama Marc Lopez pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Meski demikian, Nadal tidak pernah mampu menginjakkan kaki di semifinal pada turnamen grand slam sejak Roland Garros (French Open) 2014.

Awal dominasi Federer dan Nadal dimulai ketikan keduanya sama-sama bertengger di empat besar dunia sejak 23 Juni 2003. Tepatnya dua pekan sebelum Federer menjuarai grand slam pertamanya. Dominasi keduanya di ajang grand slam selama beberapa tahun memuat duo ini sering disebut Fedal, akronim dari Federer-Nadal.

Meski kerajaan Fedal  tersebut telah berakhir, Federer dan Nadal masih tercatat sebagai pemegang titel grand slam terbesar di dunia yang masih aktif bermain hingga kini. Federer dengan 17 gelar, sedangkan Nadal dengan 14 trofi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya