SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Akad nikah Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan Siti Ruby Aliya Rajasa (Aliya) digelar Kamis (24/11) pukul 10.00 WIB di Istana Cipanas, Jabar. Berikut rangkaian acara akad nikah Ibas-Aliya yang didominasi adat Palembang.

“Untuk nanti pukul 10.00 WIB persiapan sudah paripurna. Kemarin kan ada gladi bersih untuk acara di Istana Cipanas,” kata Juru Bicara Presiden Bidang Dalam Negeri Julian Aldrin Pasha saat dihubungi, Kamis (24/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Julian menuturkan, prosesi akad nikah Ibas-Aliya berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Acara didominasi adat Palembang.

“Dimulai pukul 09.45 WIB di dalam prosesi kedatangan calon pengantin pria memang dalam adat budaya Palembang. Jadi ada istilah kandang adat dan diakhiri dengan ramah tamah,” tuturnya.

Berikut adalah runtutan acara akad nikah Ibas-Aliya di Istana Cipanas yang disampaikan Julian:

Pukul 09.45 WIB

Prosesi kedatangan calon pria, menggunakan adat Palembang. Rangkaian dari upacara kandang adat, tukar sirih, dan sebagainya yang mempunyai filosofi sendiri-sendiri. Ibas diapit SBY dan Ani Yudhoyono akan berjalan mendekati Hatta Rajasa dan istri untuk menyerahkan calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita.

Dilanjutkan dengan prosesi batal wudhu, merupakan khas budaya Palembang. Di mana pengantin wanita keluar dari kamar pengantin dan diantar ke meja akad nikah. Kemudian pengantin pria menyentuh kening dengan jempol tangan sambil membaca basmallah. Selanjutnya pengantin wanita mencium tangan pengantin pria, maknanya pengantin pria ridho kepada istrinya, memahami tugas pertama dan utama istri adalah menjaga kehormatan suami.

Pukul 09.50 WIB

Pembacaan ayat suci Al Quran dan ada khotbah nikah yang akan dibawakan oleh Ketua KUA Cipanas Haji Muchtar. Dilanjutkan ijab kabul oleh ayah pengantin wanita, Hatta Rajasa, kepada calon pengantin pria, Edhie Baskoro Yudhoyono. Bertindak sebagai saksi pengantin pria Wapres Boediono dan untuk pengantin wanita oleh Amien Rais.

Dilanjutkan dengan penandatanganan akta nikah dilakukan kedua pengantin disaksikan para saksi. Kemudian dilanjutkan penyerahan mahar, baru pemasangan cincin. Setelah itu pembacaan nasihat perkawinan disampaikan Arif Rahman, dan ditutup doa oleh Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar.

10.30 WIB

Memasuki prosesi munggah, arak-arakan rebana dan tari milur yang dibawakan oleh keluarga wanita dari pihak pengantin wanita. Dilanjutkan dengan upacara adat suap-suapan dan beberapa acara adat Palembang lainnya.

11.40 WIB

Upacara sungkem calon pengantin pria dan wanita kepada orang tua.

12.00 WIB

Pemberian sambutan penutup oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto mewakili pihak keluarga Pak SBY.

Acara Penutup

Pengucapan selamat, ramah tamah, dan live music dari Rio Febrian, Ebiet G Ade, Andien, Vidi Aldiano, dan lain-lain

(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya