SOLOPOS.COM - Ramen ala Kedai Boby Tei (Rina Wijayanti/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, SLEMAN-Perkembangan usaha kuliner di Indonesia membuat sejumlah masakan dari berbagai belahan dunia semakin mudah ditemukan. Kali ini kita akan berbicara menu khas Jepang, ramen yang spesial karena bertoping Arab.

Masakan asal negeri sakura ini memang sudah menjamur di Jogja. Namun ada satu warung yang menyajikan menu ramen berbumbu Timur Tengah, Kedai Boby Tei, Jl. Selokan Mataram 02/26 Condongcatur, Depok, Sleman. Perpaduan ini khusus dilakukan untuk menghilangkan kekhawatiran haram dalam penggunaan bumbu ramen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adalah Mubarak Siera Alzaidi atau lebih akrab disapa Boby, 25, yang memilih terjun menggeluti bisnis kuliner ini sejak beberapa tahun silam. Berasal dari keturunan keluarga Arab, Boby tidak asing dengan menu-menu khas Timur Tengah seperti nasi kebuli, kabsa dan lain sebagainya. Pada sisi lain, kepribadiannya yang dinamis membuatnya gemar menjelajah kuliner. Nah, menu masakan Jepang ternyata membiusnya menjadi favorit. Dua hal tersebut akhirnya dipadukan, lahirlah menu-menu kawinan antara Jepang dan Timur Tengah. Salah satunya, ramen kare.

Menu ini berbahan utama mi dari tepung dan penyajiannya diguyur kuah kaldu. Jika sebagian kuah ramen menggunakan kaldu dari daging babi, di Kedai Boby Tei kaldu ramen diganti ramuan bumbu rempah khas Timur Tengah. Rasa rempah yang gurih dan pedas berbaur menjadi satu. Daun kari atau lebih akrab disebut daun korobelek, adas manis, kayu manis, dan cabai, semua bercampur menjadi satu menguatkan karakter kuah ramen. Rasa gurih dari irisan sayur sawi, wortel dan juga daun bawang juga ikut berpadu. Seiris telur rebus ditambah irisan filet daging ayam crispy melengkapi toping dalam semangkuk ramen kari tersebut.

“Menu ini saya sajikan khusus untuk penggemar masakan Jepang namun khawatir jika olahannya tidak halal. Selain higienis dan halal ternyata kami berhasil menciptakan karakter masakan yang lain daripada yang lain, selamat mencoba,” kata Boby beberapa waktu lalu.

Semangkuk ramen dijual mulai dengan harga Rp14.000. Selain menu masakan yang khas, di kedai ini Anda juga bisa mencoba suasana perpaduan antara Timur Tengah dan Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya