Ramai Pengunjung, 3 Pasar Tradisional Besar di Solo Ini Jadi Sasaran Rapid Test Massal
Pasar Gede Solo. (Surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kota Solo kembali menggelar rapid test massal di beberapa pasar tradisional pada Sabtu (30/5/2020). Hal itu dilakukan lantaran ramainya pengunjung dan aktivitas warga di pasar seusai Lebaran pada Minggu (24/5/2020) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, saat dijumpai wartawan, mengatakan rapid test massal kali ini dilakukan sepekan seusai Lebaran. Dia berharap upaya pendeteksian dini terkait Covid-19 dapat dilakukan.

Data Terbaru Covid-19 Indonesia 30 Mei: 25.773 Positif, Sembuh Tambah 523 Jadi 7.015

Sementara ini rapid test massal dilakukan di Pasar Gede, Pasar Legi, dan Pasar Kadipolo. Ada sekitar 100 spesimen yang diambil dalam pengecekan kali ini.

"Kalau sepekan setelah Lebaran, seandainya terjadi paparan saat Lebaran atau sehari sebelum Lebaran dapat dideteksi. Jadi, waktunya tepat pengambilan ini. Saat ini juga ramai, momentum bakdo kupat. Kami berharap semuanya sehat-sehat," papar dia.

Siti Wahyuningsih menambahkan, sebelum Lebaran Pemkot Solo juga telah melakukan rapid test massal di sejumlah tempat keramaian. Kala itu sekitar 280 spesimen diperiksa.

Dor! 5 Maling Motor di Wonogiri Dibedil Polisi

Hasilnya, dalam pemeriksaan di pasar tradisional dan modern tiga orang yang dinyatakan reaktif rapid test dan telah menjalani tes swab. Menurutnya, saat ini Pemerintah Kota Solo sedang menunggu hasil tes swab tiga orang itu.

"Tes swab dilakukan dua kali. Semoga hari ini hasilnya sudah jadi dan hasilnya negatif. Kami berharap budaya cuci tangan, pakai masker, dan menjaga jarak terus dipertahankan," imbuh Siti.

2 Pria di Salatiga Positif Covid-19, Diduga Gegara Ronda


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho