SOLOPOS.COM - Suasana foodcourt di Solo Grand Mall, Kota Solo, pada Jumat (2/6/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO – Food court merupakan salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi di sebuah pusat perbelanjaan seperti mal. Berikut adalah estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha di food court Solo Grand Mall.

Konsep bisnis food court atau pujasera menjamur di wilayah Solo. Satu tempat yang menyediakan berbagai booth makanan ini selalu ramai pengunjung apalagi di akhir pekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Area makan food court biasanya dibuat secara terbuka dan tertutup. Pelanggan bisa bebas dalam memilih menu makanan dan menentukan tempat duduknya.

Ekspedisi Mudik 2024

Bisnis food court biasanya terdapat dalam pusat perbelanjaan, area perkantoran, atau sekolah dan kampus. Oleh karena itu, tempat seperti ini selalu ramai dikunjungi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pada Jumat (2/5/2023) siang, food court Solo Grand Mall, penuh pengunjung. Beberapa pengunjung tampak kesulitan mencari kursi kosong. Outlet paling ramai diserbu pembeli adalah Steak Moen-Moen, Teh Gardoe, Tong Tji, McDonald’s, dan lain-lain.

Salah satu outlet di food court Solo Grand Mall adalah Kulit Loversss. Pemilik Kulit Loversss, Amik Sumiyati menguraikan rata-rata jumlah pengunjung di outlet miliknya mencapai 500 orang pada akhir pekan. Menu favorit yang sering dipesan adalah nasi kulit dan ayam seharga Rp25.000 per porsi.

Amik pun membeberkan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha di salah satu outlet yang tersedia di food court Solo Grand Mall. Menurutnya, ukuran outlet miliknya di food court Solo Grand Mall relatif kecil, bagian untuk melayani pembeli tidak termasuk dapur kurang lebih hanya 4×3 meter persegi.

Dalam setahun ia harus membayar biaya sewa sebesar Rp59 juta. Selain itu, ia harus membayar biaya operasional sebanyak Rp3 juta per bulan, biaya listrik Rp550.000 per bulan, dan biaya air Rp50.000 per bulan.

Salah satu pengunjung, Novia, mengaku sekali berkunjung ke food court bisa menghabiskan Rp50.000 hingga Rp65.000. Menurutnya, banyak jenis kuliner yang ditawarkan di food court.

Untuk makan besar biasanya ia merogoh kocek Rp30.000 hingga Rp45.000, camilan Rp15.000 hingga Rp25.000, dan minuman Rp10.000 hingga Rp15.000. Dalam sepekan ia paling tidak mengunjungi pusat perbelanjaan sebanyak tiga kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya