SOLOPOS.COM - Warga menyaksikan atraksi barongsai dari Tripusaka di dekat Tugu Jam Pasar Gede Solo, Sabtu (14/1/2023) malam. (Solopos.com/ Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Tarif mengundang pertunjukan seni barongsai berbeda-beda di tiap daerah. Harganya mulai Rp2 juta hingga belasan juta rupiah.

Sementara, di Kota Solo, barongsai yang cukup lama dan ternama yakni  Barongsai Tripusaka. Kelompok barongsai ini memiliki sejarah yang lekat dengan akulturasi budaya di Kota Solo. Barongsai Tripusaka terkenal sebagai simbol keberagaman di Solo.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Mayoritas pemain mereka adalah etnis Jawa dengan agama beragam mulai dari Islam, Kristiani, dan Konghucu.

Pembina Barongsai Tripusaka, Ws Adjie Chandra pembina, Senin (16/1/2023), mengatakan tarif mengundang barongsai miliknya masih mengacu tahun terakhir pentas yakni 2020.

Tarif yang mereka banderol yakni sekitar Rp7 – 8,5 juta untuk satu paket barongsai, liong, dan atraksi barongsai tonggak besi.

Mengenai lonjakan pemesanan, Adjie, mengatakan tidak terlalu ada lonjakan. Jumlahnya pemesanannya sampai hari ini hanya 23 show.

Sementara pada 2020 silam ada sekitar 40 show untuk sekali pentas di momen Imlek.

“Kalau lonjakan enggak terlalu signifikan karena Imlek 2022 kemarin kami sudah pentas dengan sekitar 12 kali show, untuk yang tahun ini show-nya sekitar dua kali lipat. Hampir di semua mal kami tampil, hanya 1 yang enggak minta atau  kerja sama yaitu Hartono / Pakuwon Mall,” kata Adjie.

Tarif Mengundang Barongsai di Kota Lain

Dilansir dari berita antaranews.com, pada 2020 lalu, kelompok kesenian barongsai di Kota Pekanbaru, Riau, menerima banyak permintaan untuk tampil meramaikan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di dalam negeri sampai ke mancanegara.

Pada 2020 itu, untuk satu kali penampilan, mereka mematok harga Rp2,5 juta sampai Rp3 juta.

Setiap momen Imlek, permintaan mengundang barongsai meningkat dari hari biasa yang hanya satu kali bahkan kadang tidak ada permintaan sama sekali.

Meski telah berganti tahun, tarif mengundang barongsai pada 2022 di Bali juga memiliki harga yang sama dengan kelompok di Pekanbaru, Riau pada 2020.

Dilansir dari Antaranews.com Januari 2022 silam, tiap Imlek, undangan penampilan barongsai meningkat dari hari biasa yang hanya satu kali bahkan kadang tidak ada permintaan sama sekali.

Kala itu, Permintaan untuk tampil meningkat dari hari biasa yang hanya satu kali bahkan kadang tidak ada permintaan sama sekali.
Ketua Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN) Denpasar, Aldhy, mengatakan tarif mengundang barongsai dan naga bervariasi.

Tarif mengundang barongsai dan naga pada Imlek 2022 di Bali bekisar Rp2juta hingga Rp3 juta sekali tampil.

Senada, tarif mengundang barongsai di Solo juga dimulai Rp3 juta hingga Rp4,5 juta. Biasanya tarif mengundang barongsai akan berubah sesuai lokasi pentas, apakah di dalam atau luar kota.

Untuk pesanan luar kota, tarif mengundang barongsai bisa mencapai Rp8 juta. Sementara, jika dilihat angka kenaikannya sejak 2020, rata-rata tarif mengundang barongsai sekitar Rp3juta hingga Rp4,5 juta.

Pada 2023 ini beberapa kelompok kesenian barongsai masih membaderol dengan harga sama yakni Rp4juta, namun ada juga yang memasang tarif hingga Rp8 juta untuk sekali pentas barongsai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya