Kulkas Panasonic. (Panasonic.com)

Solopos.com, SOLO — Belakangan hari ini, banyak peranti sehari-hari yang mengedepankan konsep go green atau ramah lingkungan. Mulai dari alat elektronik hingga peralatan makanan banyak dibuat dari bahan yang bersahabat dengan alam.

Berikut Solopos.com merangkum lima produk yang mengedepankan konsep go green:

1. Alat Elektronik
Mulai dari air conditioner (AC) hingga mesin cuci kini ada yang memiliki konsep hemat listrik dan ramah lingkungan. Panasonic adalah salah satu perusahaan yang getol memproduksi alat elektronik berkonsep go green. Dikutip dari laman resminya, Panasonic memiliki teknologi Econavi yang ada pada AC, kulkas, dan mesin cuci. Selain itu, ada teknologi Smart Home Energy Management System HEMS yang mampu untuk menghemat energi hingga 16%.

Smart HEMS juga merupakan sistem yang dikembangkan untuk menghindari penggunaan listrik secara berlebihan yang dapat menyebabkan pemadaman listrik, yang menjadi masalah saat ini di industri listrik Indonesia. Dengan memakai alat elektronik Panasonic, maka dapat menjaga lingkungan dengan menghemat pemakaian listrik.

2. Sedotan
Akhir-akhir ini, sejumlah restoran cepat saji menyetop penyediaan sedotan plastik. Hal itu bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang susah terurai. Solusinya, sejumlah restoran cepat saji menyediakan sedotan stainless-steel yang bisa dipakai ulang. Solusinya, sejumlah restoran cepat saji, seperti KFC, menyediakan sedotan stainless-steel yang bisa dipakai ulang. Tentu sedotan ramah lingkungan itu berbayar karena bisa dipakai ulang.

Jika tak mau membeli sedotan go green, pelanggan diharapkan minum tanpa sedotan plastik demi menjaga lingkungan dari sampah plastik. Liputan6.com menyebut salah satu kedai kopi kondang di dunia, Starbucks, sudah menyetop penyediaan sedotan dan meminta pelanggannya meminum langsung dari gelas. Bahkan, para pelanggan juga disarankan membawa wadah sendiri untuk kopi mereka demi mengurangi penggunaan kertas dan plastik sebagai gelas kopi.

3. Kosmetik
Dengan gencarnya kampanye go green, produk kosmetik pun kini juga turut mengedepankan konsep ramah lingkungan. Dikutip dari Liputan6.com, kosmetik go green sudah gencar dikampanyekan sejak 2010. Beberapa brand kosmetik seperti L’Oreal, Procter & Gamble, serta Estee Lauder mulai menjual produknya tanpa kemasan kardus demi mengurangi penggunaan kertas.

Beberapa produsen kosmetik juga memakai bahan organik serta menyisihkan keuntungan untuk menanam kembali bahan organik yang diambil dari alam. Bukan hanya itu, kemasan kosmetik yang biasanya memakai plastik juga sudah mulai dikurangi untuk beberapa brand. Ada beberapa produsen yang memakai bahan daur ulang sebagai kemasan kosmetik.

4. Kantong
Jika berbelanja, pasti banyak orang memakai kantong plastik sebagai wadah barang belanjaan. Namun kini, ada kantong yang berbahan organik, seperti singkong. Kantong berbahan singkong itu tentu ramah lingkungan lantaran jauh lebih mudah terurai saat dibuang ketimbang plastik.

Dikutip dari Detik.com, para produsen kantong plastik ramah lingkungan akan diberi insentif dari pemerintah. Insentif itu diberikan untuk mendukung produksi kantong ramah lingkungan dan lagi-lagi untuk mengurangi sampah plastik.

5. Transportasi
Selain hanya untuk alat elektronik rumah tangga, Panasonic juga menyajikan solusi alat transportasi ramah lingkungan. Panasonic memiliki teknologi untuk eco car dan sepeda listrik. Panasonic menampilkan stand charging equipment untuk area public yang bernama Elseev dengan 18650 baterai Lithium-Ion untuk mengisi mobil listrik bikinan Tesla, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih baik, penghematan ruang, serta teknologi keamanan yang canggih.

Panasonic juga menyajikan teknologi Electric Assisted Bicycle atau Sepeda Tenaga Listrik yang stabil dan kuat untuk dikendarai. Dengan menggunakan energi matahari sebagai bahan pengisian energi, maka bisa mengirit pemakaian daya listrik. Bukan hanya itu, sepeda listrik dengan teknologi dari Panasonic yang dipakai secara massal juga akan bisa mengurangi polusi udara yang semakin parah belakangan hari ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten