SOLOPOS.COM - Perpaduan susu dan jus tidak disarankan saat berbuka (curegouthomeremidies.com)

Solopos.com, SOLO – Setelah menahan lapar dan dahaga setidaknya 14 jam di saat menjalani puasa Ramadhan membuat sebagian umat Muslim ingin menyantap berbagai makanan sekaligus saat bedug Magrib tiba. Tapi, perlu Anda waspadai bahwa kombinasi makanan yang salah justru akan berakibat fatal bagi kesehatan Anda.

Arabian Bussines, Minggu (30/6/2014), melansir beberapa kombinasi makanan salah yang seringkali dilakukan oleh umat Muslim yang tengah berpuasa. Berikut ulasannya:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengonsumsi Buah Setelah Makan
Mengonsumsi buah setelah makan dapat menyebabkan kekacauan di saluran pencernaan. Kandungan gula dalam buah sangat mudah dicerna oleh tubuh tubuh. Tetapi jika dicampur dengan protein dan lemak, kandungan tersebut justru akan tertinggal di dalam perut dalam jangka waktu yang lama.

Makanan Laut dan Daging
Mencampur seafood (makanan laut) dan daging tidak boleh dilakukan dalam satu kali makan. Tubuh Anda hanya membutuhkan satu protein yang terkonsentrasi pada satu jenis makanan. Mengonsumsi lebih dari satu protein yang berbeda dapat menyebabkan komplikasi gastrointestinal terutama jika dilakukan selama jangka waktu yang panjang.

Madu dan Protein
Hindarilah memanaskan madu pada makanan Anda seperti pada daging, salmon, ayam atau kacang-kacangan. Saat madu dipanaskan, sifat baik dari madu justru akan berubah menjadi gula.

Susu dan Jus Jeruk
Buah yang berasa asam dapat mengentalkan susu. Susu berasa asam inilah yang kemudian akan memproduksi zat lendir yang menyebabkan perut menjadi mual, peradangan kronis, serta bau mulut.

Es Krim
Campuran krim, telur, dan gula yang ada pada es krim akan sulit dicerna oleh pencernaan. Oleh karenanya, kandungan tersebut hanya akan menimbulkan berbagai masalah perut dan menghambat sistem pencernaan.

Pizza dan Saus Tomat
Tomat merupakan makanan yang asam dan tidak disarankan untuk dicampur dengan karbohidrat seperti tepung. Perpaduan makanan ini sangat tidak dianjurkan terutama pada waktu perut kosong. Konsumsi pizza dengan sayuran seperti bayam adalah solusi terbaik mengonsumsi pasta tanpa khawatir terkena masalah pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya