Ramadan, Panti Asuhan di Soloraya Kebanjiran Undangan Bukber

Sejumlah orang mengaku kesulitan mengajak warga panti asuhan untuk berbuka bersama (bukber) karena sudah didahului orang lain. Selama Ramadan, panti asuhan kebanjiran undangan bukber.

Ramadan, Panti Asuhan di Soloraya Kebanjiran Undangan Bukber

SOLOPOS.COM - Siswa membaca Alquran seusai Salat Duha di Panti Asuhan Yayasan Nur Hidayah, Solo, Selasa (28/5/2019). (M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah orang mengaku kesulitan mengajak warga panti asuhan untuk berbuka bersama (bukber) karena sudah didahului orang lain. Selama Ramadan, panti asuhan kebanjiran undangan bukber.

Undangan bukber bersama anak yatim piatu sudah banyak muncul sebelum Ramadan. Rektor Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Tresna Priyana Soemardi, mengaku mengalami kesulitan itu. Ia mengatakan kesulitan saat menggelar acara yang dihadiri anak-anak yatim piatu pekan lalu.

“Sulit sekali menemukan satu panti asuhan yang longgar untuk diajak kegiatan buber. Saya mencari anak-anak panti hampir satu bulan,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/5/2019).

Menurut dia, beberapa panti asuhan di Kota Solo sudah dipadati kegiatan para donatur tetap selama Ramadan. “Pekan lalu saya menggelar kegiatan bukber bersama civitas akademica yang dihadiri yatim piatu. Tim saya mengaku kesulitan mencari panti asuhan yang tidak bentrok dengan kegiataan di lokasi lain. Akhirnya saya menemukan panti asuhan di daerah Serengan,” ujar dia.

Hal senada disampaikan warga Laweyan, Dwi Oktavian. Ia kesulitan mengundang anak–anak panti asuhan untuk diajak buka bersama. “Saya akui di bulan Ramadan ini memang banyak panti asuhan yang sudah dipesan jauh-jauh hari. Saya tidak ada pemikiran untuk memesan jauh-jauh hari sebelumnya,” ujar dia.

Dwi mencari panti asuhan hingga daerah Boyolali. Akhirnya ada salah satu panti asuhan di Boyolali yang longgar pada hari Minggu lalu.”Keluarga saya pusing waktu itu, muter–muter Kota Solo tidak ada panti asuhan yang longgar,” ujar dia.

Ketua Panti Asuhan Nur Hidayah Solo, Aspriyanto, membenarkan hal tersebut. Beberapa panti asuhan sudah dipesan donatur jauh-jauh hari sebelum puasa. Panti asuhan di tempatnya juga ramai dipesan beberapa donatur.

Beberapa donatur memesan tiga bulan sebelum puasa. “Banyak sekali donatur yang mengundang anak–anak panti agar hadir di kegiatan buka bersama. Saya menolak banyak orang yang hendak memesan buber dengan anak panti,” ujar dia.

Selama bulan puasa, jadwal anak–anak di panti asuhan membeludak. Beberapa anak panti harus dibagi untuk menghadiri acara di beberapa tempat. “Penuh kegiatan selama Ramadan ini. Satu hari ada sekitar empat lokasi berbeda yang didatangi beberapa anak panti,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)

Warga Wonogiri Diimbau Silaturahmi Virtual, Tapi Banyak yang Masih Tatap Muka

Tradisi silaturahmi secara tatap muka pada momentum Lebaran tidak bisa sepenuhnya hilang, meski masyarakat sudah diimbau untuk melaksanakannya secara virtual.