SOLOPOS.COM - Suasana Bazaar Ramadan oleh Matahari Department Store Solo Grand Mall, Minggu (26/3/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO — Fesyen muslim dan takjil menjadi kunci Solo Grand Mall untuk meningkatkan trafik kunjungan masyarakat Kota Solo dan sekitarnya selama Ramadan 2023 dan menjelang Lebaran 1444 H.

Public Relations of Solo Grand Mall Solo, Irenika Kusumaningrum, mengatakan event berkaitan Ramadan dengan target sasaran acara anak kecil adalah tema mereka.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Beberapa acara yang akan digelar antara lain fashion show Ramadan untuk anak kecil dan fashion show mengajak anak-anak panti asuhan.

Hal itu dia sampaikan saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/3/2023).

Irenika menjelaskan, Solo Grand Mall juga sudah menyediakan atrium untuk bazaar Ramadan dari Matahari Department Store dengan harga dimulai dari Rp99.000 dan diskon mencapai 80%. Menurutnya, promo ini berlaku dari 8 Maret sampai 30 April 2023.

Menurut Irenika, selain fesyen muslim, promo juga disediakan tenant-tenant makanan dan bakeri. Beberapa tenant di food court sudah menyediakan diskon yang menarik agar pengunjung berbuka puasa dengan produk-produk mereka.

Tenant Bakery Solo Grand Mall, Mako, juga sudah menyediakan hampers Lebaran dengan harga promo Rp100.000 berisi variasi kue dan roti yang lengkap.

Irenika menjelaskan, pengunjung mal diprediksi akan meningkat menjelang hari raya Idul Fitri karena masyarakat yang bekerja mendapatkan THR.

Selanjutnya pada 19 April 2023 mendatang Irenika memprediksi akan terjadi lonjakan trafik pengunjung luar kota dari sekitar Solo, antara lain Sragen, Boyolali, Karanganyar, dan kabupaten lainnya.

Menurutnya, tantangan mal di bulan Ramadan dan menjelang lebaran adalah akan ada peningkatan animo masyarakat sehingga harus selalu siap meningkatkan pelayanan dan fasilitas.

“Hal-hal sederhana seperti penambahan kursi dan meja itu sudah harus kami siapkan matang-matang menjelang waktu berbuka puasa atau saat masyarakat ingin makan di food court karena setiap menjelang berbuka food court SGM [Solo Grand Mall] selalu penuh,” ujar Irenika.

Kemudian tantangan yang kedua adalah dari segi keamanan. Irenika menjelaskan dalam keadaan mal yang ramai akan rawan copet ataupun kehilangan barang. Semua itu harus diselesaikan agar masyarakat Solo betah belanja di Solo Grand Mall.

Irenika mengatakan saat ini trafik pengunjung di awal Ramadan masih sedikit landai, tetapi setiap harinya menjelang jam berbuka puasa semakin ramai. Pihak Solo Grand Mall juga sudah optimis ekonomi membaik dilihat dari daya beli masyarakat yang meningkat.

Prediksi Irenika, minggu ketiga Ramadan menjadi puncak trafik Solo Grand Mall selama bulan puasa baik untuk kunjungan belanja atau sebagai lokasi berbuka.

Supervisor Kasir Matahari Department Store Solo Grand Mall, Dewi Narulitasari, mengatakan fesyen muslim memang menjadi tema utama penjualan Matahari saat Ramadan.

“Kalau di store SGM [Solo Grand Mall] ini paling sering dikunjungi pelanggan di bagian koleksi children [anak-anak], lalu pakaian wanita, dan pakaian pria,” papar Dewi saat ditemui Solopos.com di tenant Matahari di Solo Grand Mall, Minggu (26/3/2023).

Dewi menjelaskan koleksi pakaian anak perempuan lebih variatif dari segi model, tetapi motifnya lebih simpel berupa salur atau kotak-kotak.

Motif-motif rumit seperti bunga tidak lagi menjadi corak utama di koleksi children Matahari Department Store tahun 2023. Dari segi warna, koleksi tahun ini didominasi pastel.

Sementara untuk koleksi pakaian anak laki-laki berupa smart casual yang didominasi pakaian lengan panjang menyesuaikan untuk dipakai ibadah salat berjamaah selama Ramadan dan salat Idul Fitri nanti.

Koleksi yang banyak dikunjungi selanjutnya adalah pakaian wanita dewasa dan remaja putri. Dewi menjelaskan pakaian wanita dewasa terdiri dari gamis dan pakaian smart casual.

Koleksi ini juga dilengkapi dengan mukena yang dijual merek Annisa yang dijual saat Ramadan 2023 saja. Tidak hanya itu, pelengkap seperti dalaman untuk wanita seperti legging dan kaus dalam juga tersedia di Matahari Department Store Solo Grand Mall.

Menurut Dewi, koleksi pria dewasa didominasi pakaian smart casual dengan celana dari jeans dan denim. Sementara untuk koleksi sepatu yang masih diminati masyarakat Solo adalah dari St Yves, Connexion, dan sepatu berkarakter Disney untuk remaja.

Matahari Department Store Solo Grand Mall juga menyediakan layanan belanja online berupa Shop and Talk.

Layanan ini cukup dilakukan dengan menghubungi nomor customer service yang tertera atau disediakan oleh tim Matahari Department Store Solo Grand Mall.



Jam operasionalnya mengikuti aturan toko yaitu dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya