SOLOPOS.COM - Ustaz PPMI Assalaam mengintip awal Ramadan 2015, Selasa (16/6/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Ramadan 2015, pengamatan hilal di Bukit Patuk Gunungkidul tidak terlihat

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Tim Kementerian Agama Gunungkidul melakukan pengamatan hilal di Bukit Patuk, Desa Mbrambang, Patuk, Gunungkidul Selasa (16/6/2015). Namun dalam pengamatan tersebut, tanda-tanda awal puasa belum nampak karena masih kurang dari satu derajat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kementerian Agama Gunungkidul, Nur Abadi mengatakan, pengamatan hilal di Bukit Patuk merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun jelang pelaksanaan ibadah puasa.

Kegiatan ini juga dihadiri beberapa organisasi masyarakat di Gunungkidul, serta beberapa perwakilan dari kemenag di wilayah DIY. “Pasti setiap tahun, kami menggelar pemantauan hilal,” kata Nur Abadi saat dihubungi, Selasa (16/6/2015).

Dia menjelaskan, pemantauan sendiri dilakukan menjelang shalat Magrib, atau sekitar pukul 17.33 WIB. Hanya saja, dalam pemantaun tersebut belum hilal belum terlihat karena masih kurang dari satu derajat. “Kesimpulannya, besok belum puasa,” katanya lagi.

Meski demikian, sambung Nur Abadi, keputusan pelaksanaan puasa masih harus menunggu sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Hanya saja, dia memperkirakan jatuhnya puasa pada Kamis (18/6/2015) besok.

“Kita tunggu saja hasilnya, karena di sini [bukit patuk] belum muncul hilal,” ujar dia.

Dia menjelaskan, pemantauan ini selanjutnya akan diserahkan ke pemerintah pusat, sebagai bahan dalam penentuan tanggal pelaksanaan puasa. Untuk pemantauan sendiri, tim dari kemenag sudah menggunakan peralatan moderen guna mempermudah dalam pengamatan.

“Kami sudah melakukan tugas kami, tapi hasilnya masih nihil,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya