SOLOPOS.COM - Ilustrasi ASN atau PNS. (Dok. Solopos dok)

Solopos.com, SEMARANGAparatur Sipil Negara (ASN) Kota Semarang yang beragama Islam akan mengenakan pakaian muslim setiap Jumat selama Ramadan. Selain ketentuan memakai busana muslim untuk ASN beragama Islam, jam kerja juga disesuaikan selama bulan puasa.

Hal tersebut diketahui dari Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin, tertanggal 21 Maret 2023. Dalam SE itu, jam kerja ASN pada Senin hingga Kamis dimulai pukul 08.00 WIB dan diakhiri pukul 15.15 WIB. Sementara khusus Jumat, jam kerja dimulai 08.00 WIB dan berakhir 11.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di hari biasa, yakni Senin sampai Kamis. ASN Kota Semarang bekerja sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sementara saat Jumat, jam kerja dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

Jam kerja keseluruhan ASN selama Ramadan adalah 32,5 jam dalam sepekan. Hal ini berbeda dengan jam kerja di hari biasa yang mencapai 37 jam dalam sepekan.

Menurut Iswar, kebijakan ini dilakukan dalam rangka menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintah dan efektivitas tugas kedinasan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Semarang (ASN dan kontrak) selama Ramadan.

“Khusus untuk pelaksanaan jam kerja di lingkungan satuan pendidikan, rumah sakit daerah (RSD), instalasi farmasi, UPTD laboratorium kesehatan dan UPTD puskesmas, kepala perangkat daerah dapat mengatur pelaksanaan jam kerja tersendiri dengan berpedoman pada ketentuan jumlah jam kerja efektif dalam satu pekan selama 32,5 jam,” beber Iswar.

Iswar juga meminta, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Semarang untuk memastikan pelaksanaan jam kerja pada Ramadhan 1444 H tidak mengurangi produktivitas, pencapaian kinerja pegawai dan kinerja organisasi, serta tidak mengganggu kelancaran penyelenggaraan pelayanan publik.

Seorang ASN, Baskoro, mengatakan ia puas dengan kebijakan soal jam kerja selama Ramadan ini. Menurutnya, ASN juga memerlukan jeda waktu untuk menyiapkan buka, terutama para ASN perempuan.

Demikian halnya dengan jam masuk kerja. Baskoro menyatakan pukul 08.00 WIB sudah tepat.

“Kami juga ingin berbuka dengan keluarga. Kalau pulang pukul 15.15 WIB kan ada waktu menyiapkan makanan. Masuk pukul 08.00 WIB juga sudah pas, tidak kesiangan untuk kami melayani masyarakat,” kata Baskoro yang sehari-hari bekerja di lingkungan Balai Kota ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya