Ramadan 2019, Menag Minta Ormas Tidak Sweeping
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Bisnis-Aziz Rahardyan)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau organisasi masyarakat (ormas) Islam dapat menahan diri atas ada atau tidaknya rencana melakukan sweeping atau razia saat Ramadan.

Lukman mengimbau masyarakat atau ormas apabila melihat sesuatu yang dimungkinkan mengganggu jalannya kelancaran ibadah saat Ramadhan, agar tetap menghormati hukum dengan melaporkan ke aparat penegak hukum saja. Tujuannya agar tidak menimbulkan kegaduhan.

"Jadi kalau ada hal-hal yang dinilai tidak pada tempatnya, saya berharap mohon setiap kita tidak mengambil tindakan sendiri, atau main hakim sendiri," ujar Lukman di Kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Lukman menjelaakan bahwa Kemenag telah berkomunikasi dengan para ormas, terutama Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia berpesan agar para ormas dapat menjaga ketentraman, saling menghormati, dan saling menahan diri di bulan puasa ini.

"Semuanya sudah kami komunikasikan, seperti juga imbauan dari MUI bahwa setiap kita, mari dijaga kesucian bulan Ramadan ini, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kegaduhan atau kerawanan sosial secara umum," tuturnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom