RAMADAN 2017 : Kurma Mesir dan Emirates Gold Paling Diminati
Aktifitas di kios kurma di sekitar Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Selasa (30/5/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos) 

Jenis yang paling banyak dibeli warga adalah jenis kurma Mesir dan emirates gold.

Solopos.com, SOLO -- Harganya yang terjangkau dan ukurannya yang cukup besar membuat kurma Mesir menjadi salah satu jenis kurma yang laris terjual. Sejak sebulan sebelum puasa, penjulan kurma mengalami peningkatan.

Salah satu pedagang kurma di Pasar Kliwon, Ilham, mengatakan sebulan sebelum memasuki bulan puasa, permintaan kurma sudah mulai meningkat. Terutama untuk permintaan barang yang akan dijual lagi. "Kalau untuk kebutuhan pribadi, dua hari sebelum puasa sudah mulai banyak pembeli," kata dia saat ditemui Koran Solo di kiosnya di sekitar Jl. Kapten Mulyadi, Selasa (30/5/2017).

Dia mengatakan ada berbagai jenis kurma yang dijual. Namun jenis yang paling banyak dibeli warga adalah jenis kurma Mesir dan emirates gold. Menurutnya harga kedu jenis kurma tersebut lebih terjangkau dibandingkan jenis lain.

"Apalagi kurma Mesir ukurannya besar, tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lembek dan manis. Sedangkan untuk emirates gold ukurannya lebih kecil dari kurma Mesir. Dagingnya lembut dan manis tapi tidak semanis Mesir," kata dia.

Harga kurma Mesir sekitar Rp260.000-Rp300.000 per dus dengan isi sekitar 10 kilogram. Harga tersebut naik dari hari-hari biasa, yaitu sekitar Rp230.000 per dus. Sedangkan harga kurma emirates gold juga meningkat dari Rp220.000 per dus menjadi sekitar Rp250.000 per dus.

Selain jenis kurma tersebut ada pula kurma premium yang dijual mulai Rp130.000 per kilogram hingga Rp300.000 kilogram. "Untuk harga Rp130.000 per kilogram adalah jenis sukari. Untuk harga Rp300.000 per kilogram adalah jenis kurma Nabi atau kurma ajwa," kata dia.

Menurutnya peningkatan penjualan kurma biasanya akan terjadi hingga pekan ketiga bulan puasa. "Nanti mulai banyak lagi pada musim haji," kata dia. Namun stok terbanyak ada saat bulan puasa ini. Ilham mengatakan pada bulan puasa tahun-tahun sebelumnya bisa terjual sekitar 200 hingga 300 dus dengan isi rata-rata 10 kilogram.

Sementara itu menurut pedagang lain di kawasan tersebut, Zakiyah, peningkatan penjualan kurma saat bulan puasa ini bisa mencapai 200 persen dibandingkan hari-hari biasa. Baik penjualan secara eceran maupun grosir.

Dia juga mengatakan selama ini kurma Mesir masih yang paling banyak diminati. "Kurma Mesir dan Tunisia. Kurma jumbo juga ada peminatnya," kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom