SOLOPOS.COM - Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah (tengah) berpose bersama para juara lomba MTQ antarmahasiswa di kampus UIN Walisongo, Semarang, Kamis (8/6/2017). (Istimewa)

Ramadan tahun 2017 ini turut dimeriahkan dengan musabaqah tilawatil quran (MTQ) yang digelar Kodam IV Diponegoro.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 210 mahasiswa dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) mengadu kebolehan dalam musabaqah tilawatil quran (MTQ), musabaqah hifzhil quran (MHQ), dan lomba hadrah yang digelar bertepatan dengan bulan puasa Ramadan 2017. Lomba seni keagamaan itu diselenggarakan Kodam IV/Diponegoro di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Kota Semarang, Rabu (8/7/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan Kodam IV/Diponegoro di kampus perguruan tinggi asuhan Departemen Agama di Kota Sematang itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada tanggal 5 Oktober. Musabaqah tilawatil quran (MTQ) adalah lomba membaca Alquran dengan benar dan indah. Sedangkan musabaqah hifzhil quran (MHQ) adalah lomba kefasihan bacaan dan kelancaran hafalan Alquran.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah saat membuka lomba seni islami itu menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mempererat hubungan antara TNI dan civitas academica perguruan tinggi-perguruan tinggi di Jateng. Menurutnya, lomba MTQ, MHQ, dan hadrah itu juga menjadi bukti kecintaan TNI kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

“Lomba ini juga sebagai bentuk apresiasi kita sebagai umat muslim terhadap bidang seni keagamaan yang membutuhkan keterampilan khusus,” tutur Kasdam dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Rabu.

Lomba-lomba yang digelar Kodam IV Diponegoro dalam memeriahkan bulan Ramadan 2017 itu dimenangi mahasiswa asal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Naufal Zainul Azkiya. Naufal meraih juara pertama pada kategori putra setelah meraih nilai 92. Sedangkan, juara kedua kategori itu diraih M. Ikhsan Malik dari Unisula, dan juara III diraih Nur Ahmad Rifai dari STAIN Kudus.

Sementara itu, di kelompok putri, juara pertama lomba MTQ juga diraih mahasiswi asal UIN Walisongo, yakni Uyunil Aizzah. Sedangkan juara II diraih Robiatul Adawiyah dari IAIN Pekalongan dan juara III Siti Nurul Zakiyah dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Selain lomba MTQ, MHQ, dan Hadrah, pada waktu yang bersamaan Kodam IV Diponegoro juga menggelar lomba paduan suara di kampus Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. Pada lomba paduan suara itu, tampil sebagai juara pertama adalah tim mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, juara II diraih tim mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, dan juara III tim mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya