SOLOPOS.COM - Warga membawa paket bahan kebutuhan pokok dari BUMN Berbagi Bingkisan Ramadan, Jumat (16/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Ramadan 2017 dijadikan KAI Daops IV Semarang sebagai momentum berbagi kegembiraan dengan masyarakat.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang membagikan 1.500 paket sembako gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Pembagian paket sembilan bahan pokok (sembako) gratis itu merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri dan BUMN Berbagi Bingkisan Ramadan yang diikuti 31 BUMN, termasuk PT KAI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ramadan 2017 dijadikan momentum badan usaha milik negara (BUMN) untuk berbagi dengan masyarakat. Disiapkan 60.000 paket sembako Ramadan yang dibagikan di 40 titik berbeda di dua daerah, yakni Semarang dan Surabaya. Di eks Keresidenan Semarang, aktivitas serupa Jumat itu juga dilakukan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) di Pedurungan, Perum Bulog di Rejosari, dan PT Semen Indonesia di Ungaran.

“Kami fokuskan pembagian di satu titik, yakni Masjid Az Zahra, Tawangsari, Semarang,” terang Kepala PT KAI Daops IV Semarang Wiwik Widayanti tentang BUMN Berbagi Bingkisan Ramadan oleh PT KAI di Kota Semarang, Jumat (16/6/2017).

Setiap paket bahan kebutuhan pokok yang dibagikan gratis, berisi 5 km beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, ditambah kecap dan sirup. Setiap paket sembako yang tak lengkap berisi sembilan bahan pokok itu nilainya sekitar Rp175.000.

Menurut dia, pembagian paket sembako itu merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri dan arahan Presiden untuk membagikan sembako di luar Jabodetabek. “Ya, mudah-mudahan dengan adanya paket sembako ini bisa sedikit membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhannya, terutama menjelang Lebaran ini,” kata Wiwik.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Edy Kuswoyo menambahkan pembagian paket sembako menggunakan kupon yang sudah dibagikan melalui kecamatan dan kelurahan setempat. “Pembagian kupon paket sembako dilakukan dengan bantuan kecamatan dan kelurahan setempat. Ya, tentu saja sasarannya adalah warga yang kurang mampu dan kaum duafa,” katanya.

Demi menjaga kelancaran pembagian paket, kata dia, dilakukan pengaturan pembagian di beberapa titik sekitar masjid dengan kupon yang berbeda dalam empat warna. “Kuponnya ada yang warna biru, oranye, ungu, dan hijau. Kami atur jam pembagiannnya, misalnya kupon oranye pukul 09.00 WIB-11 WIB di halaman depan masjid,” katanya.

Demikian pula dengan kupon lainnya juga ada yang dibagi lebih awal, yakni pukul 07.00 WIB-09.00 WIB, seperti kupon warna biru sehingga mencegah bertumpuknya massa saat pembagian bingkisan Ramadan 2017 tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya