Pedagang pasar Dandhangan di Kudus, Jateng. (Facebook.com-Info Seputar Kudus)

Ramadan 2017 disambut dengan agenda Dandhangan oleh warga Kudus.

Solopos.com, KUDUS – Agenda tahunan di Kabupaaten Kudus dalam menyambut bulan puasa Ramadan, Dandhangan, akan mulai digelar Kamis (25/5/2017) mendatang. Kegiatan menyambut Ramadan 2017 yang juga menampilkan kirab budaya itu membuat khalayak pengguna Internet (netizen) merasa waswas. Mengapa?

Rasa waswas itu ramai diungkapkan netizen di sebuah diskusi pada halaman Facebook Info Seputar Kudus, Jumat (19/5/2017). Mereka waswas jika penyelenggaraan Dandhangan akan semrawut seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurut mereka, kirab budaya dalam agenda Dandhangan selalu semrawut karena arus lalu lintas di lokasi kirab di sepanjang Jl. Sunan Kudus, Kecamatan Kudus itu justru dipenuhi kendaraan. "Motor kalau bisa dilarang masuk membuat tidak nyaman pengunjung. Nendang numbuk semprawut," tulis pengguna akun Facebook Efin Emang Khuya.

"Mbokyo montor ojo oleh lewat kono, ben gak membahayakan pengguna jalan," papar pengguna akun Facebook Inonx Al Viva.

Selain lalu lintas kendaraan yang menjadi sebab kesemrawutan agenda tersebut, netizen juga menyebut tingkat keamanan pada agenda tahunan Kudus dalam menyambut bulan puasa Ramadan itu diperkirakan masih kurang ketat dan tak jauh beda dengan Dandhangan pada tahun-tahun sebelumnya. "Sayang sekali keamanannya kurang, sudah bayar mahal tapi keamanan g menjanjikan," tulis pengguna akun Facebook Yulis Rohis Sany.

Meski demikian, netizen yang mengaku sebagai warga Kudus mengaku senang agenda tahunan yang sudah menjadi tradisi di Kudus itu masih tetap dilaksanakan. Mereka hanya berharap pihak penyelenggara mempersiapkannnya secara matang, sehingga tak semrawut seperti sebelumnya.

Netizen memperkirakan Dandhangan yang digelar demi menyambut bulan puasa Ramadan 2017 akan tetap dipadati pengunjung. Selain ada kirab budaya, biasanya pada agenda tersebut juga banyak pedagang yang menjajakan bermacam-macam barang maupun makanan khas Dandhangan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangops.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: