SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendonoran Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Ramadan 2016 masih berlangsung dan PMI Tulungagung tetap gencar menghimpun darah.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulungagung mengadakan aksi pendonoran darah keliling untuk menambah stok darah sekaligus memenuhi kebutuhan atau permintaan selama Ramadan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kabid Pelayanan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI cabang Tulungagung Sutikno Priyono mengatakan selain melakukan kegiatan pendonoran darah bekerja sama dengan jajaran dinas/instansi setempat mereka juga melakukan kegiatan pendonoran darah secara mobile (keliling).

“Beberapa unit kendaraan transfusi darah kami sebar ke beberapa titik untuk melayani donor darah pada sore atau malam hari, biasanya usai buka puasa atau Salat Tarawih,” kata Sutikno, Jumat (10/6/2016).

Dia mengharapkan langkah penggalangan donor darah di berbagai dinas/instansi maupun ormas dan pondok pesantren secara bergiliran mampu menambah pasokan darah di UTD PMI Tulungagung.

Menurut Sutikno Priyo, sejak awal Puasa stok darah di PMI Tulungagung tergolong aman, yakni mencapai 1.054 kantong.

Stok darah itu terdiri atas golongan A sebanyak 245 kantong, golongan B sebanyak 396 kantong, golongan AB sebanyak 51 kantong dan golongan O sebanyak 362 kantong.

Mengingat permintaan darah setiap harinya cukup banyak, Sutikno memprediksi stok darah yang ditampung PMI pada awal puasa hanya cukup hingga pertengahan Juni.

“Itu sebabnya kami aktif melakukan penggalangan donor darah di berbagai tempat, termasuk di area ponpes dan sekitar masjid untuk menampung pendonor yang berpuasa,” ujar Sutikno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya