SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenaga kesehatan (JIBI/Solopos/Antara/Siswidodo)

Setiap hari Dinsos bisa mengeluarkan hingga 20 surat rekomendasi.

Harianjogja.com, BANTUL- Selama beberapa pekan terakhir hingga memasuki awal bulan puasa, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bantul mendapat peningkatan permintaan surat rekomendasi layanan kesehatan.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinsos Kabupaten Bantul, Mahmudi mengatakan selama beberapa minggu ini setiap hari Dinsos bisa mengeluarkan hingga 20 surat rekomendasi, padahal dalam hari biasa pemohon surat rekomendasi hanya berkisar lima sampai sepuluh orang saja.

“Karena ini bagian dari pelayanan maka juga tidak akan kami persulit, hanya saja masih banyaknya warga yang meminta surat rekomendasi ini sebagai cerminan belum meratanya jaminan kesehatan yang dikeluarkan dari pemerintah,” papar Mahmudi, Minggu (12/6/2016).

Menurutnya hingga saat ini polemik keluarnya Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari pemerintah pusat juga masih sangat tidak merata, namun demikian pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak karena pendataan bantuan tersebut berasal dari BPS pusat dari Jakarta.

“Kalau untuk KIS karena pendataan langsung dari pusat jadi kami juga tidak bisa berbuat banyak, mungkin yang bisa dimaksimalkan nantinya adalah Jamkesda dan Jamkesos,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya