SOLOPOS.COM - Warga mengaji Alquran untuk mendapatkan kupon gratis program 1 Juz Gratis 2 Liter Pertamax atau Pertalite di musala SPBU Manahan, Solo, Minggu (12/6/2016). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Ramadan 2015 menjadi momentum Pertamina meluncurkan program Ngaji Gratis BBM Pertamax atau Pertalite.

Solopos.com, SOLO — SPBU Manahan Solo menjadi salah satu SPBU yang ditunjuk menjadi tempat program Ngaji Gratis BBM Pertamax atau Pertalite.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Lima orang duduk bersila sambil membaca Al Quran dengan khusyuk. Di ruangan seluas 8 m x 4 m tersebut suara mereka seolah saling bersahutan. Musala di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Manahan memang tampak lebih ramai pada Minggu (12/6/2016) siang.

Hal ini karena ada program 1 Juz Gratis  2 Liter yang diadakan PT Pertamina dan bekerja sama dengan SPBU. Meski baru hari pertama diadakan, peminat program ini sangat tinggi. Saat acara dibuka pukul 12.00 WIB sudah ada enam orang yang datang untuk membaca Al Quran.

Guna memudahkan peserta, pihak SPBU pun menyediakan buku di mana satu buku merupakan satu juz. Namun apabila menghendaki membawa Al Quran sendiri pun diperbolehkan.

“Peserta biasanya adalah orang yang kebetulan sedang mengisi BBM dan melihat x-banner soal program 1 Juz Gratis 2 Liter kemudian ikut, jadi asal peserta pun bermacam-macam, tidak hanya dari Solo tapi ada juga yang dari Klaten, Boyolali, dan Karanganyar,” ungkap Pengawas SPBU Manahan, Catur Husodo, saat berbincang dengan solopos.com, Minggu.

Selama waktu 2,5 jam tercatat sudah ada 14 peserta yang mengikuti program tersebut, dari anak sekolah hingga orang tua. Peserta pun tidak dibatasi dalam mengaji. Dia mengatakan setiap peserta bisa membaca satu juz hingga tiga juz dalam sekali waktu dan voucher yang diperoleh pun berlaku kelipatan, yakni apabila membaca dua juz gratis empat liter BBM dan seterusnya.

Namun dia mengatakan sehari dibatasi hanya mengeluarkan maksimal 25 voucher pada pukul 12.00 WIB-18.00 WIB. Hal ini mengingat voucher yang diberikan Pertamina terbatas, yakni hanya 400 voucher hingga akhir periode, yakni 30 Juni. “Voucher ini bisa ditukarkan pertamax atau pertalite, terserah kepada peserta. Tapi voucher hanya berlaku untuk penukaran di hari sama dan di SPBU yang mengeluarkan voucher tersebut,” jelasnya.

Dia mengatakan ada yang datang sendiri atau datang bersama teman. Di awal pelaksanaan ini, bacaan peserta disimak oleh pegawai SPBU yang ditugaskan khusus. Dia mengungkapkan, musala SPBU Manahan ini pernah dijadikan lokasi mengaji beberapa orang yang kebetulan sedang singgah tapi tidak seramai dengan adanya program ini.

Tak Sepi

Dari pantauan, peserta terus berdatangan dan tidak pernah sepi. Salah satu peserta, Thoha Mahsun, 30, mengatakan mendapat informasi program tersebut dari salah satu rekan sesama guru. Dia pun mengaku penasaran dan ingin membuktikan.

“Waktu sampai ternyata memang programnya ada, jadi langsung ikut. Saya suka mengaji dan pernah ikut beberapa lomba, seperti mengkhatamkan Al Quran,” ujarnya.

Oleh karena itu, laki-laki yang datang bersama istri dan anaknya ini tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa membaca satu juz. Dia menyampaikan tertarik untuk mengikuti program ini sehingga akan kembali datang untuk mengaji lagi di hari berikutnya.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT), Suyanto, mengungkapkan di Solo program 1 Juz Gratis 2 Liter ini hanya ada di SPBU Manahan. Di Klaten ada di SPBU Merbung, di Sragen di SPBU 4457222 yang beralamat Jl. Raya Sragen-Ngawi KM 5 Desa Bener. Di Wonogiri diadakan di SPBU 4457612 yang berlokasi di Jl. Diponegoro No.50 Kelurahan Wonoboyo, di Boyolali di SPBU 4457312 di Jl. Raya Ampel-Boyolali dan di Karanganyar hanya ada di SPBU 4457713 yang beralamat di Jl. Raya Palur-Karanganyar.

“Hanya Sukoharjo yang ada dua SPBU, yakni di SPBU Pabelan, Kartasura dan SPBU 4457503 di Jl Raya Sukoharjo,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya