SOLOPOS.COM - Sampah di bendungan di Bantul. (Harian Jogja)

Ramadan 2016 di Bantul, volume sampah meningkat
Harianjogja.com, BANTUL– Volume sampah di Kabupaten Bantul meningkat selama bulan Ramadan. Peningkatan volume sampah yang didominasi sampah rumah tangga tersebut meningkat dikarenakan bertambahnya jumlah konsumsi dari para masyarakat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan Pertamanan Persampahan dan Pemakaman (KP3) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bantul, Surono mengatakan kenaikan volume sampah selama Ramadan diperkirakan sekitar 5%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika pada hari biasa volume sampah dikelola UPT KP3 rata-rata sebanyak 70 ton per hari, maka selama Bulan Ramadan ini volumenya menjadi 73,5 ton per hari.

“Memang selama Ramadan ini ada kenaikan, namun tidak terlalu signifikan. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya kenaikan volume sampah akan lebih tinggi mendekati Lebaran dan beberapa hari setelah Lebaran,” ujarnya, Kamis (23/6/2016).

Menurut Surono, jenis sampah selama bulan Ramadan memang lebih banyak dari jenis kertas, plastik, dan daun. Ia menjelaskan meskipun beberapa daerah sudah ada yang menerapkan pemilahan sampah, namun sampah plastik yang dibuang hanyalah residu.

Sementara itu untuk wilayah yang belum menerapkan sistem pemilahan sampah, bisa dipastikan semua sampah plastik akan bercampur dengan sampah organik. Sedangkan untuk sampah petasan berupa kertas selama Ramadan tahun ini berkurang, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun lalu sampah petasan di Lapangan Trirenggo dan Paseban jumlahnya sangat banyak, hampir setiap pagi ada. Mungkin karena tahun ini sering diadakan razia petasan membuat sampahnya juga berkurang,” kata Surono.

Meskipun selama Ramadan ada kenaikan volume sampah namun untuk penanganan masih belum ada intensitas penambahan armada pengangkut sampah, UPT KP3 masih mengandalkan 19 armada truk sampah dengan 40 petugas pemungut sampah dan 17 petugas penyapu jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya